Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang Sukuk Diharapkan Topang Rupiah

Kompas.com - 19/03/2013, 09:49 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-  Nilai tukar rupiah terus didera pelemahan atas mata uang dollar AS. Lelang surat berharga syariah negara pada Selasa (19/3/2013) ini diharapkan dapat menopang rupiah dari pelemahan lebih lanjut.

Di akhir perdagangan Senin (18/3/2013), rupiah ditutup melemah di level Rp 9.711 per dollar AS dari saat dibuka di level Rp 9.700 per dollar AS. Rupiah bergerak di kisaran Rp 9.700-9.715 per dollar AS.

Aksi ambil untung kembali terjadi di bursa saham domestik kemarin. Hal itu berdampak pada tertekannya rupiah menjelang penutupan. Riset BNI Treasury memerkirakan hari ini rupiah berpotensi bergerak dengan kecenderungan konsolidasi melemah kembali.

Sentimen negatif dari global khususnya terkait kondisi di Eropa (Siprus) diperkirakan akan mengeskalasi dollar AS sebagai safe-haven currency.

Bank Indonesia diproyeksikan akan terus mengawasi pergerakan nilai tukar rupiah hari ini. Pemerintah (DJPU) akan mengadakan lelang SBSN hari ini dengan target Rp 1,5 triliun. Hal itu diharapkan akan berdampak positif menahan pelemahan rupiah hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com