Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandar Lampung Gelap Gulita, PLN Diminta Terbuka

Kompas.com - 16/03/2013, 22:43 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com- Sebagian wilayah Kota Bandar Lampung sejak Sabtu (16/3/2013) sore hingga malam, gelap gulita. PLN diminta terbuka mengumumkan soal pemadaman listrik ini.

Hingga malam Pukul 22.30 WIB, sebagian besar wilayah di ibukota Provinsi Lampung ini gelap akibat pemadaman listrik oleh PLN. Sejumlah ruas jalan pertokol dan kawasan pertokoan seperti di Jalan Kartini dan Raden Intan juga mengalami mati lampu. Listrik sempat menyala sekejap sekitar Pukul 19.00 WIB, namun kemudian mati kembali.

Alvian, warga Tanjungkarang, menyesalkan berulangnya pemadaman listrik ini. Menurut dia, akhir-akhir ini, terutama di pagi hari, listrik di Tanjungkarang Timur semakin kerap byar pet. "Ini aja di ibukota. Apalagi, di daerah lain. Mestinya PLN bisa mencegah pemadaman terus-terusan ini," ujarnya.

Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Lampung Juniardi menyesalkan pemadaman listrik oleh PLN tanpa pemberitahuan sebelumnya. "PLN harusnya mengumumkan informasi mengenai pemadaman listrik yang dilakukan di Bandar Lampung. Dalam Undang-undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), informasi ini termasuk dalam kategori informasi yang wajib diumumkan secara serta merta," ujar dia.

Ia pun menambahkan, "byar-pet-nya" listrik ini menyangkut hajat hidup orang banyak, jadi harusnya memang diumumkan kepada masyarakat. "Banyak kerugian yang ditimbulkan, peralatan elektronik yang mudah rusak karena listrik tidak stabil, atau industri kecil dan menengah maupun industri rumah tangga yang mengalami kerugian," paparnya kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com