Kompas.com - 15/03/2013, 18:23 WIB
Penulis Syamsul Hadi
|
EditorRusdi Amral

JEMBER, KOMPAS.com - Polres Jember berhasil membekuk dua orang pelaku pengedar uang palsu di Terminal Tawang Alun, Jember, Jawa Timur, Kamis (14/3/2013) malam. Mereka adalah SM asal Muncar Banyuwangi, Jawa Timur dan RM asal Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Dari kedua tersangka tersebut, polisi berhasil menyita uang palsu berbentuk ratusan ribu rupiah sebanyal lima bundel yang nilainya hampir Rp 50 juta. Selain itu, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 3 buah telepon genggam.

Wakil Kepala Polres Jember Komisaris Cecep Susatya kepada pers di Jember, Jawa timur, Jumat (15/3/2013) mengungkapkan, penangkapan sindikat pengedar uang palsu itu berawal dari informasi masyarakat. Saat itu mereka sedang melakukan transaksi di sekitar kawasan terminal bus Tawang Alun.

Pada saat terjadi transaksi antara kedua pelaku dengan warga masyarakat, polisi langsung menangkap kedua pelaku pengedar uang palsu. Keduanya kini diamankan di Polres Jember untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kedua pelaku pengedar uang palsu akan dikenai pidana mengedar uang palsu dengan ancaman hukuman selama 10 tahun. Salah seorang tersangka, RM mengaku, uang palsu itu didapat dari seseorang di Yogyakarta.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.