Kompas.com - 15/03/2013, 14:47 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

MAKASSAR, KOMPAS.com - Enam orang spesialis pencurian motor ditangkap aparat Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Tamalate di dua tempat berbeda. Empat pelaku lainnya diringkus di Jalan Kumala, dan dua pelaku lagi diciduk di Jalan Dg Tata, Kecamatan Tamalate, Jumat (15/3/2013) dini hari.

Para pelaku pencurian motor yang diringkus itu masing-masing berinisial, SD, ADR, IKN, LLN, SMA dan AC. Saat keenam pelaku tersebut diringkus, petugas juga menyita barang bukti dua unit motor yakni jenis Mio Sporty dan Jupiter MX. Selain itu, petugas juga menyita barang bukti berupa kunci T dan 11 buah anak busur.

Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsekta Tamalate, Inspektur Satu (Iptu) Herman Simbolon dikonfirmasi menjelaskan, berdasarkan hasil introgasi sementara, para pelaku itu sudah melakukan aksinya sejak lama dan sudah beraksi di puluhan tempat.

"Modus pelaku saat beraksi, mereka menggunakan kunci T dengan cara merusak kontak motor yang terparkir. Beberapa motor yang dicuri itu ada beberapa motor yang sementara terkunci leher dan ada pula yang tidak. Saat ini keenam pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolsek Tamalate," kata Herman.

Mantan Kanit Reskrim Polsekta Makassar itu menyebutkan, berdasarkan hasil introgasi sementara terhadap para pelaku, puluhan unit motor yang dicuri itu sudah dijualnya kepenadah. Dari enam pelaku itu, pelaku berinisial SD yang merupakan aktor sementara lima pelaku lainnya hanya ikut-ikutan atau suruhan SD.

"Dari enam pelaku itu, tersangka SD salah satu aktornya. Sementara lima pelaku lainnya hanya diajak dengan imbalan yang bervariasi. Kadang pelaku lainnya hanya diberikan upah berkisar Rp 250.000 dan Rp 350.000. Saat ini, kami masih melakukan pengembangan untuk membongkar jaringan pelaku dan mengungkap TKP lainnya, " kata Herman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X