Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Pernah Bercita-cita Jadi Pemain Film

Kompas.com - 15/03/2013, 10:11 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Siapa yang menyangka sosok seperti Gubernur DKI Jakarta pernah memiliki cita-cita menjadi pemain film. Ya, percaya atau tidak, tapi hal itu benar-benar dia ungkapkan saat beberapa wartawan melontarkan pertanyaan tentang keterlibatannya dalam film Finding Srimulat. Joko Widodo alias Jokowi terlibat dalam film besutan Charlez Ghozali itu sekitar tiga-empat tahun lalu. Dia sendiri telah mulai lupa, yang jelas, film tersebut digarap saat dirinya masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Saat itu, kata Jokowi, dirinya hanya berperan sebagai sosok seorang Wali Kota karena secara kebetulan, Finding Srimulat bukan menceritakan sejarah berdirinya kelompok lawak yang dibangun oleh seniman Teguh Slamet Rahardjo di Solo, pada 1950-an. Namun, kisahnya lebih menitikberatkan cerita tentang menghidupkan kembali kejayaan Srimulat. Para komedian Srimulat, termasuk Jokowi, tampil sebagai cameo, alias diri mereka sendiri.

"Saya hanya jadi Wali Kota, terus ada yang datang ke saya, terus saya ngomong apa gitu, terus ya sudah, rampung," kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Jumat (15/3/2013).

Saat ini, Jokowi mengaku belum ada pihak yang kembali menawarkan dirinya untuk bermain film. Kalaupun ada, dirinya akan sangat selektif memutuskannya. Dia akan sangat selektif memilih jenis film, aktor atau aktris yang terlibat, serta sutradara yang menggarapnya. Jokowi juga mengaku tak khawatir akan timbul preseden buruk dari masyarakat bila dirinya kelak kembali ikut ambil peran dalam sebuah film. Dengan catatan, film tersebut tidak melenceng jauh dari kehidupan sehari-hari dirinya, atau tidak memerankan seorang sosok yang negatif.

"Oh dulu waktu kecil, waktu saya ganteng penginnya seperti itu (main film). Tapi sekarang lihat dulu, sama siapa, penting itu," ujarnya.

Film Finding Srimulat rencananya akan dirilis pada 11 April 2013 nanti. Film ini akan dibintangi komedian Srimulat seperti Gogon, Kadir, Tessy, dan Nunung. Selain itu, Reza Rahardian, Rianty Cartwright, dan Nadila Ernesta juga akan ikut bermain dalam film tersebut.

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com