Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Diburu Kolektor, Patung Purbakala Itu Diserahkan ke Bupati

Kompas.com - 14/03/2013, 21:45 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com -- Patung mirip "Ken Dedes" yang ditemukan di Hutan Baluran, Situbondo oleh Misyono (44), warga Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur,  akhirnya diserahkan ke Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto di kantor Pemkab Situbondo, Kamis (14/3/2013). Patung itu lebih baik diberikan ke pemerintah karena diburu oleh para kolektor barang antik.

Patung tersebut diserahkan langsung Misyono didampingi para aktivis cagar budaya Forum Penyelamat Cagar Budaya (FPCB).

"Kami sengaja melakukaan pendampingan dalam menyerahkan patung ini kepada Bapak  Bupati Situbondo (Dadang Wigiarto, red), karena sejak ada informasi tentang penemuan barang purbakala berbentuk patung, itu menjadi incaran para kolektor. Karena Misyono merasa takut dan gamang, sehingga Misyono memutuskan untuk menyerahkan barang temuannya ini ke Pemkab Situbondo," terang juru bicara FPCB Situbondo, Irwan, Kamis (14/3/2013).

Irwan berharap Pemkab Situbondo mengamankan lokasi penemuan arca itu karena khawatir akan ada penggalian barang purbakala secara ilegal. Sebab, tidak menutup kemungkinan di lokasi itu masih tersimpan barang-barang purbakala yang lain.

Seusai menerima patung "Ken Dedes" Dadang berjanji untuk segera mendatangkan tim ahli purbakala dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BPPP) Jawa Timur ke hutan Baluran. "Jika patung ini benar barang purbakala, tidak menutup kemungkinan tim BPPP ini juga akan melakukan penggalian di sekitar lokasi penemuan patung ini di hutan Baluran," kata Dadang.

Sementara itu, salah seorang  sejarawan dari Kabupaten Lumajang, Lutfi, mengatakan jika dilihat dari sikap tangan dan padma atau bunga teratai yang menjadi tempat duduk, patung setinggi 40 cm dan lebar 30 cm serta berat 15 kg itu bukan mirip Ken Dede. Melainkan mirip orang suci yang disebut Dewi Tara.

"Namun jika patung itu berasal dari era Majapahit , diperkirakan usianya sekitar 700 tahunan. Selain itu, di masa Arya Wiraraja pada Kerajaan Majapahit  serta berdasarkan dalam kitab Negara Kertagama, wilayah hutan Baluran hingga Patukangan merupakan daerah strategis," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, peristiwa menghebohkan terjadi di Dusun Krajan, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. Itu setelah ditemukannya sebuah patung yang dianggap warga mirip Ken Dedes. Patung kecil itu ditemukan oleh Misyono terjepit di akar kayu jati hutan Baluran, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com