Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Mengeluh karena Dituduh Mainkan Harga Bawang

Kompas.com - 13/03/2013, 10:58 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Harga bawang merah dan bawang putih di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, naik dua kali lipat dalam dua pekan terakhir. Pedagang pun resah karena dituduh memainkan harga.

Bawang putih yang semula dijual Rp 19.000 dua pekan lalu kini melonjak hingga Rp 50.000 per kilogram. Padahal, sepekan sebelumnya harganya masih Rp 33.000 per kilogram.

Harga bawang merah juga naik. Bila dua pekan lalu harganya Rp 12.000 per kilogram, kini sudah menjadi 20.000 atau naik Rp 3.000 dari lima hari lalu.

Kenaikan harga juga terjadi pada barang-barang kebutuhan pokok dan sayur mayur. Rata-rata kenaikannya mencapai 35 persen dari harga sebelumnya.

Para pedagang mengaku tidak nyaman berjualan karena kerap diprotes pelanggannya lantaran harga sembako dan sayur-mayur yang mereka jual terus merangkak naik dalam dua pekan terakhir.

"Saya sering diprotes dan kesannya seperti dicurigai pedagang yang bermain menaikkan harga," ujar Hasisah, seorang pedagang sayur di Pasar Baru, Polewali Mandar, Rabu (13/3/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com