Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Juarai Street Soccer Kalangan Marjinal

Kompas.com - 13/03/2013, 01:03 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com- Tim putra dan putri provinsi Jawa Barat memboyong gelar juara Turnamen Street Soccer antar-pengidap HIV/AIDS, pengguna narkotika, dan kaum termarjinalkan, bertajuk League of Change (LOC) 2013. Pada pertandingan final, Selasa (12/3/2013), tim putra Jawa Barat mengandaskan tim dari Sulawesi Selatan dengan skor 8-4, sedangkan tim putri menang 7-1 atas tim DKI Jakarta.

"Ini bukan cuma kemenangan. Saya sangat bangga bisa ikut berpartisipasi bersama kaum  marjinal. Mereka semua orang-orang yang mau maju, mau bangkit dan mau berubah untuk menjadi manusia yang lebih baik" kata pelatih tim street soccer putra Jabar Aulia Rachman, seusai pertandingan, Selasa (12/3/2013). Turnamen LOC ini berlangsung selama tiga hari, di Lapangan Bawet, Jalan Balubur,  Bandung, Jawa Barat, tepat di bawah jalan layang Pasopati.

Jika dibandingkan dengan masyarakat umum, lanjut Aulia, melatih anak asuhnya yang berstatus orang dengan HIV/AIDS (ODHA) tentu saja ada perbedaan. "Kendala terbesarnya kami harus memperhatikan kondisi kesehatan mereka yang dengan kategori ODHA. Lagipula pemain-pemain ini  juga kan fisiknya bukan fisik pemain sepakbola sebenarnya," tutur dia.

Kemenangan yang didapat, kata Aulia, juga tak terlepas dari kesempatan mempersiapkan diri yang lebih panjang. "Kami juga diuntungkan karena sebagai tuan rumah. Banyak pendukung," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com