Kompas.com - 13/03/2013, 01:03 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

BANDUNG, KOMPAS.com- Tim putra dan putri provinsi Jawa Barat memboyong gelar juara Turnamen Street Soccer antar-pengidap HIV/AIDS, pengguna narkotika, dan kaum termarjinalkan, bertajuk League of Change (LOC) 2013. Pada pertandingan final, Selasa (12/3/2013), tim putra Jawa Barat mengandaskan tim dari Sulawesi Selatan dengan skor 8-4, sedangkan tim putri menang 7-1 atas tim DKI Jakarta.

"Ini bukan cuma kemenangan. Saya sangat bangga bisa ikut berpartisipasi bersama kaum  marjinal. Mereka semua orang-orang yang mau maju, mau bangkit dan mau berubah untuk menjadi manusia yang lebih baik" kata pelatih tim street soccer putra Jabar Aulia Rachman, seusai pertandingan, Selasa (12/3/2013). Turnamen LOC ini berlangsung selama tiga hari, di Lapangan Bawet, Jalan Balubur,  Bandung, Jawa Barat, tepat di bawah jalan layang Pasopati.

Jika dibandingkan dengan masyarakat umum, lanjut Aulia, melatih anak asuhnya yang berstatus orang dengan HIV/AIDS (ODHA) tentu saja ada perbedaan. "Kendala terbesarnya kami harus memperhatikan kondisi kesehatan mereka yang dengan kategori ODHA. Lagipula pemain-pemain ini  juga kan fisiknya bukan fisik pemain sepakbola sebenarnya," tutur dia.

Kemenangan yang didapat, kata Aulia, juga tak terlepas dari kesempatan mempersiapkan diri yang lebih panjang. "Kami juga diuntungkan karena sebagai tuan rumah. Banyak pendukung," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.