Kompas.com - 12/03/2013, 12:26 WIB
|
EditorKistyarini

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Ratusan warga di Kelurahan Cigantang, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, memprotes bantuan beras miskin (raskin) berkualitas jelek. Raskin itu mirip nasi aking, buliran berasnya berwarna kuning.

"Iya, kemarin ada 30 karung dari 982 raskin jumlah seluruhnya yang dikembalikan warga lima RT ke kelurahan ini. Kualitas berasnya mirip nasi aking, dan dimasak tidak bisa jadi nasi. Kami sudah minta penggantinya ke pihak Dolog Tasikmalaya," jelas Lurah Cigantang, Tedi Sutardi, kepada Kompas.com, Selasa (12/3/2013) siang.

Menurut Tedi, kualitas raskin mirip nasi aking pertama diketahui oleh salah satu RT di wilayahnya. Saat karung raskin telah dibagikan ke setiap RT di wilayahnya, ditemukan beras yang mirip nasi aking tersebut. Ternyata, setelah dikumpulkan ada sebanyak 30 karung dengan kualitas beras jelek yang sama.

"Warga tidak mau menerima beras raskin itu dan minta diganti dengan yang baru. Kejadian ini, pertama kali terjadi saat saya menjabat jadi lurah di sini. Padahal setiap bulannya, kiriman beras selalu normal," tambah Tedi.

Beras raskin itu tiba di kelurahan pada Jumat (8/3/2013). Kelurahan Cigantang menerima 982 karung beras dan jumlah itu rutin diterima setiap bulannya dari pihak Dolog.

Tedi menduga, beras tersebut terendam air sebelum didistribusikan. Sehingga kondisinya rusak. "Mungkin sawahnya terendam banjir," ujar Tedi.

Seorang warga yang mengembalikan beras, Jonny mengatakan, beras raskin yang diterimanya tak layak dikonsumsi. Soalnya, saat dimasak beras tidak mau berubah menjadi nasi seperti biasanya. "Ketika direndam air, berasnya malah mengembang. Kayak nasi aking," kata Jonny.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.