Kompas.com - 11/03/2013, 15:58 WIB
|
EditorFarid Assifa

BONE, KOMPAS.com -- Kesalahan penanganan medis hingga berakibat fatal pada pasien atau dikenal dengan malpraktik kembali terjadi di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Kali ini menimpa seorang bayi laki-laki yang baru berusia tujuh hari yang mengalami pendarahan hebat pada bekas suntik saat diimunisasi oleh bidan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat, Minggu (10/03/2013).

Peristiwa yang menimpa bayi laki-laki pasangan Muhammad Amin (30) dan Marwah (27), warga Desa Tawaroe, Kecamatan Dua Boccoe ini terjadi saat bayi mungil yang belum memiliki nama ini dibawa oleh ibunya ke Pusekesmas Dua Boccoe untuk diimunisasi.

Bidan Puskesmas yang menangani sang bayi meminta kepada seorang bidan yang kerja praktik untuk memandikan sang bayi. Namun tak hanya dimandikan, bidan praktik ini malah menyuntik sang bayi meski sebelumnya mendapat larangan dari sang bidan Puskesmas.

"Bidan Uli yang tangani anakku, tapi dia minta Bidan Eka memandikannya karena mau disuntik imunisasi tapi dia yang juga suntik," keluh Marwah kepada Kompas.com.

Setelah disuntik oangtua korban pun membawa pulang bayinya ke rumah. Namun bekas suntikan pada paha kirinya terus mengeluarkan darah segar. Pihak keluarga kemudian melaporkan hal ini ke puskesmas setempat. Seusai diperiksa, sang bayi pun dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru untuk diberikan perawatan medis secara intensif.

"Kata Bidan Uli darahnya keluar terus karena terlalu dalam cara suntik dan pas di atas lututnya, jadi waktu itu bidan Eka yang disuruh antar saya ke Rumah Sakit," lanjut Marwah.

Sementara itu, pihak Rumah Sakit setempat belum bisa dikonfirmasi terkait terkait peristiwa ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.