Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan di PLTU Asamasam Diatasi

Kompas.com - 11/03/2013, 13:43 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Gangguan yang sempat terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asamasam di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, diatasi. Gangguan yang terjadi akibat petir itu sempat membuat kelistrikan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah mati selama beberapa jam, Minggu kemarin.

Yudi Setyo Wicaksono General Manager PLN Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Senin (11/3/2013), mengatakan, sejak Minggu petang kondisi listrik berangsur normal. Gangguan terjadi mulai pukul 12.38 WIB. Pada pukul 18.40 daya sudah masuk ke Pembangkit Unit II, dan pada pukul 20.44 WIB masuk Unit I. Dengan beroperasinya dua unit itu pasokan energi sudah aman, ujarnya.

Menurut Yudi, Senin siang ini Pembangkit Unit III baru mulai beroperasi. Ini dikarenakan pihaknya melanjutkan dengan pemasangan instrumen dalam rangka performance test. Diharapkan hari ini tidak terjadi pemadaman lagi.

Yudi menjelaskan bahwa yang terkena petir adalah bagian transmisi yang kemudian merambat ke kawat, tetapi tidak sampai rusak. Agar tidak terjadi hal tak diinginkan, arus listrik kemudian dimatikan. Untuk menghidupkan dan memulihkan kembali sampai normal perlu waktu beberapa jam.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com