Kompas.com - 11/03/2013, 13:29 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada yang menarik pada festival ogoh-ogoh yang dilaksanakan di kawasan Monumen Nasional (Monas). Selain ogoh-ogoh, terdapat sepasang ondel-ondel yang berdiri tegak di samping persembahan pada perayaan Tawur untuk menyambut Hari Raya Nyepi.

Menurut Humas acara Tawur dan Hari Raya Nyepi, Bagus Adi Purba, ondel-ondel ini juga masuk dalam pawai budaya dalam parade ogoh-ogoh dan seni budaya. Namun, ondel-ondel ini tidak diperlombakan.

"Ondel-ondel ini pemberian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata," ujarnya, Senin (11/3/2013).

Bagus mengatakan, sebagai bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan budaya melimpah, hal itu juga harus dipertunjukan dalam parade ini. Selain ondel-ondel, juga terdapat tanjidor dan reog Ponorogo yang nantinya akan dipertunjukkan.

"Kita harus menghargai karena kita tinggal di Jakarta," ucap Bagus.

Terdapat 16 ogoh-ogoh yang akan dilombakan di festival ogoh-ogoh yang akan berlangsung di Monas pada Senin siang. Sebelumnya, umat Hindu telah melangsungkan upacara Tawur, yang bertujuan untuk membersihkan diri dari sifat jahat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.