Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Ondel-ondel dan Ogoh-ogoh Berdampingan

Kompas.com - 11/03/2013, 13:29 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada yang menarik pada festival ogoh-ogoh yang dilaksanakan di kawasan Monumen Nasional (Monas). Selain ogoh-ogoh, terdapat sepasang ondel-ondel yang berdiri tegak di samping persembahan pada perayaan Tawur untuk menyambut Hari Raya Nyepi.

Menurut Humas acara Tawur dan Hari Raya Nyepi, Bagus Adi Purba, ondel-ondel ini juga masuk dalam pawai budaya dalam parade ogoh-ogoh dan seni budaya. Namun, ondel-ondel ini tidak diperlombakan.

"Ondel-ondel ini pemberian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata," ujarnya, Senin (11/3/2013).

Bagus mengatakan, sebagai bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan budaya melimpah, hal itu juga harus dipertunjukan dalam parade ini. Selain ondel-ondel, juga terdapat tanjidor dan reog Ponorogo yang nantinya akan dipertunjukkan.

"Kita harus menghargai karena kita tinggal di Jakarta," ucap Bagus.

Terdapat 16 ogoh-ogoh yang akan dilombakan di festival ogoh-ogoh yang akan berlangsung di Monas pada Senin siang. Sebelumnya, umat Hindu telah melangsungkan upacara Tawur, yang bertujuan untuk membersihkan diri dari sifat jahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com