Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Razia Minuman Keras Jelang Pawai Ogoh-ogoh

Kompas.com - 11/03/2013, 04:14 WIB

SINGARAJA, KOMPAS.com - Polisi menggelar razia minuman keras dan senjata tajam menjelang pawai ogoh-ogoh bersamaan dengan ritual Pengrupukan di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

"Kami selalu mengantisipasi peredaran miras sebelum pawai ogoh-ogoh digelar. Kami juga merazia senjata tajam," kata Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resor Buleleng, Komisaris Ida Bagus Putu Wedana Jati, di Singaraja, Minggu (10/3/2013).

Pawai ogoh-ogoh digelar, Senin (11/3/2013) sore atau sehari menjelang Hari Raya Nyepi. "Kondisi saat itu biasanya rawan sekali tawuran antarpemuda banjar (dusun adat)," katanya.

Oleh sebab itu, selain mengaktifkan razia, pihaknya juga meminta bantuan tokoh masyarakat dan aparat dusun/desa adat untuk menyosialisasikan bahaya penggunaan minuman keras.

Pada malam Pengrupukan di Singaraja itu sedikitnya 632 ogoh-ogoh dari berbagai bentuk akan diarak keliling kota. Para pesertanya adalah banjar-banjar di Kabupaten Tabanan.

"Berdasarkan pengalaman berbagai peristiwa sebelumnya, miras, khususnya jenis arak bali sering menjadi penyebab munculnya permasalahan hingga berimbas pada tawuran massal," kata Wedana Jati.

Polres Buleleng bakal melakukan pengamanan di 32 lokasi rawan terjadinya tawuran pada saat pawai tersebut digelar dengan melibatkan petugas keamanan desa adat atau pecalang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com