Kompas.com - 11/03/2013, 04:14 WIB
EditorBenny N Joewono

SINGARAJA, KOMPAS.com - Polisi menggelar razia minuman keras dan senjata tajam menjelang pawai ogoh-ogoh bersamaan dengan ritual Pengrupukan di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

"Kami selalu mengantisipasi peredaran miras sebelum pawai ogoh-ogoh digelar. Kami juga merazia senjata tajam," kata Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resor Buleleng, Komisaris Ida Bagus Putu Wedana Jati, di Singaraja, Minggu (10/3/2013).

Pawai ogoh-ogoh digelar, Senin (11/3/2013) sore atau sehari menjelang Hari Raya Nyepi. "Kondisi saat itu biasanya rawan sekali tawuran antarpemuda banjar (dusun adat)," katanya.

Oleh sebab itu, selain mengaktifkan razia, pihaknya juga meminta bantuan tokoh masyarakat dan aparat dusun/desa adat untuk menyosialisasikan bahaya penggunaan minuman keras.

Pada malam Pengrupukan di Singaraja itu sedikitnya 632 ogoh-ogoh dari berbagai bentuk akan diarak keliling kota. Para pesertanya adalah banjar-banjar di Kabupaten Tabanan.

"Berdasarkan pengalaman berbagai peristiwa sebelumnya, miras, khususnya jenis arak bali sering menjadi penyebab munculnya permasalahan hingga berimbas pada tawuran massal," kata Wedana Jati.

Polres Buleleng bakal melakukan pengamanan di 32 lokasi rawan terjadinya tawuran pada saat pawai tersebut digelar dengan melibatkan petugas keamanan desa adat atau pecalang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.