Kompas.com - 11/03/2013, 03:58 WIB
EditorBenny N Joewono

GIANYAR, KOMPAS.com - Sejumlah lokasi pantai di Kabupaten Gianyar, Bali, dipadati umat Hindu sejak Sabtu (9/3/2013) hingga Minggu siang. Masyarakat Kabupaten Gianyar mendatangi Pantai Lebih, Pantai Masceti, Pantai Purnama, dan beberapa lokasi pantai yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat ritual Melasti atau penyucian benda sakral.

Ribuan pemeluk agama Hindu dari berbagai banjar atau dusun adat mempersembahkan berbagai jenis hasil bumi terkait ritual tersebut. "Dengan adanya ritual yang diikuti warga dari berbagai banjar ini diharapkan ada komunikasi yang baik antarpengurus banjar," kata Kepala Desa Adat Gianyar, Dewa Nyoman Geria, Minggu (10/3/2013).

Pihaknya akan mengoordinasikan banjar-banjar untuk bertemu tokoh masyarakat di Kabupaten Gianyar sehari setelah Nyepi, Selasa (12/3/2013). "Tentunya tujuan dari pertemuan itu adalah untuk bersilaturahmi setelah umat menjalankan ritual Nyepi selama sehari semalam," kata Nyoman Geria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.