Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Hindu Padati Pura Ulum Danau Beratan

Kompas.com - 11/03/2013, 02:58 WIB

TABANAN, KOMPAS.com - Umat Hindu memadati Pura Ulun Danu di tengah Danau Beratan, Bedugul, Bali, Minggu, untuk melaksanakan ritual Melasti atau penyucian benda-benda sakral menjelang Hari Raya Nyepi.

Ratusan umat Hindu dari Banjar Juwuk Legi, Desa Batunya, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan memadati pura, yang menjadi objek wisata internasional tersebut sejak pagi. Akibat konsentrasi massa di kawasan Bedugul, jalur lalu lintas yang menghubungkan Denpasar dengan Singaraja, macet total.

Diperkirakan kepadatan umat Hindu di Pura Ulundanu itu akan berlangsung hingga Senin (11/3/2013), sehari menjelang Tahun Baru Saka 1935 yang diperingati sebagai Hari Raya Nyepi, Selasa (12/3/2013).

Umat Hindu yang melaksanakan ritual Melasti itu datang bergilir sesuai dengan banjar atau dusun adat masing-masing yang ada di Kabupaten Tabanan. Umat Hindu mendatangi Pura Hindu dengan membawa berbagai jenis sesajian. Mereka berjalan beriringan dengan diiringi musik gamelan.

Sementara itu, ritual Tawur Kesanga di Pura Ulun Danu dijadwalkan digelar pada Senin. Pada ritual itu akan hadir sejumlah pejabat dari Pemprov Bali dan Pemkab Tabanan.

Setelah ritual Tawur Kesanga, pada sore harinya akan digelar ritual Pengerupukan yang biasanya diisi dengan parade ogoh-ogoh atau boneka raksasa yang dilambangkan sebagai makhluk jahat yang harus diperangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com