Kompas.com - 11/03/2013, 02:58 WIB
EditorBenny N Joewono

TABANAN, KOMPAS.com - Umat Hindu memadati Pura Ulun Danu di tengah Danau Beratan, Bedugul, Bali, Minggu, untuk melaksanakan ritual Melasti atau penyucian benda-benda sakral menjelang Hari Raya Nyepi.

Ratusan umat Hindu dari Banjar Juwuk Legi, Desa Batunya, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan memadati pura, yang menjadi objek wisata internasional tersebut sejak pagi. Akibat konsentrasi massa di kawasan Bedugul, jalur lalu lintas yang menghubungkan Denpasar dengan Singaraja, macet total.

Diperkirakan kepadatan umat Hindu di Pura Ulundanu itu akan berlangsung hingga Senin (11/3/2013), sehari menjelang Tahun Baru Saka 1935 yang diperingati sebagai Hari Raya Nyepi, Selasa (12/3/2013).

Umat Hindu yang melaksanakan ritual Melasti itu datang bergilir sesuai dengan banjar atau dusun adat masing-masing yang ada di Kabupaten Tabanan. Umat Hindu mendatangi Pura Hindu dengan membawa berbagai jenis sesajian. Mereka berjalan beriringan dengan diiringi musik gamelan.

Sementara itu, ritual Tawur Kesanga di Pura Ulun Danu dijadwalkan digelar pada Senin. Pada ritual itu akan hadir sejumlah pejabat dari Pemprov Bali dan Pemkab Tabanan.

Setelah ritual Tawur Kesanga, pada sore harinya akan digelar ritual Pengerupukan yang biasanya diisi dengan parade ogoh-ogoh atau boneka raksasa yang dilambangkan sebagai makhluk jahat yang harus diperangi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.