Kompas.com - 11/03/2013, 02:46 WIB
EditorBenny N Joewono

MAGELANG, KOMPAS.com - Umat Hindu Magelang, Jawa Tengah menyelenggarapan upacara Melasti menjelang Hari Raya Nyepi, di sumber air Tukmas di Desa Lebak, Minggu.

Kegiatan tersebut diawali dengan menyiapkan sarana upacara di Pura Wira Buana kompleks Akmil Magelang. Kemudian sekitar 100 orang umat Hindu itu mengendarai sejumlah mobil menuju Tukmas.

Setelah turun dari mobil, umat Hindu yang mengenakan pakaian adat Bali tersebut berjalan menyusuri jalan kecil di antara persawahan menuju lokasi Tukmas dengan diiringi musik gamelan Bali.

Setelah sampai di tanah lapang di kompleks Tukmas, mereka mempersiapkan sesaji dilanjutkan doa yang dipimpin Mangku Wayan Kadek. Sebelum dilakukan doa, beberapa orang mengambil air di sumber air Tukmas dengan jerigen.

Pada kesempatan tersebut juga dilepas dua hewan, yakni ayam dan bebek di kompleks Tukmas. Ketua Paruman Wulaka Magelang, Suardiyasa mengatakan, Melasti itu sebetulnya menyucikan diri ke tempat sumber kehidupan. Bagi umat Hindu sumber kehidupan itu adalah air.

I"Umat Hindu di Magelang menyelenggarakan Melasti di Tukmas, yang memiliki sejarah sebagai peninggalan Hindu tertua di Jawa Tengah," kata Suardiyasa, Minggu (10/3/2013).

Ia menuturkan, pada Prasasti Tukmas ada simbol atau atribut Dewa Trimurti termasuk Padmasana yang merupakan simbol keharmonisan dunia. Suardiyasa menjelaskan, pelepasan ayam dan bebek menggambarkan bahwa ayam itu simbol keserakahan, sering ayam kampung itu dengan temannya berkelahi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Simbol keserakahan, dimana umat Hindu menjelang Hari Raya Nyepi melakukan introspeksi diri, membuang sifat-sifat serakah dan diharapkan mencari sifat-sifat suci.

"Bebek itu sebetulnya angsa sebagai binatang suci yang bisa hidup di tiga alam, yakni darat, air, dan udara. Jadi kedua binatang itu simbolis antara kebaikan dan keburukan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.