Kompas.com - 11/03/2013, 02:21 WIB
EditorBenny N Joewono

MATARAM, KOMPAS.com - PT Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menghentikan aktivitas pelayaran Lembar-Padangbai saat perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1935 pada 12 Maret 2013.

"Aktivitas penyeberangan Lembar-Padangbai yang biasanya dimulai pukul 06.00 Wita ditiadakan saat Perayaan Nyepi 12 Maret," kata Supervisor II (bagian operasional) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Lembar, Sukowarno, yang dihubungi dari Mataram, Minggu (10/3/2013).

Ia mengatakan, penutupan sementara waktu aktivitas penyeberangan itu mengacu kepada Surat Edaran Gubernur Bali yang ditujukan kepada pihak-pihak terkait. Namun, penutupan aktivitas penyeberangan itu hanya berlangsung sehari dan akan dibuka kembali pada 13 Maret 2013.

Pelayaran terakhir kapal penyeberangan dari Pelabuhan Padangbai yakni Senin (11/3/2013) pukul 07.00 Wita, dan dari Pelabuhan Lembar pukul 21.00 Wita.

Setelah perayaan Nyepi, pelayaran kembali dibuka, dan penyeberangan dari Pelabuhan Lembar mulai dibuka pada Rabu (13/3/2013) pukul 02.00 Wita, karena Pelabuhan Padangbai mulai dibuka pukul 06.00 Wita.

"Jadi, hanya sehari, dan hal ini sudah disoalisasikan kepada semua pihak terkait, dan penghentian sementara aktivitas penyeberangan saat Nyepi itu sudah menjadi kebiasaan rutin setiap tahun," ujarnya.

Menurut Sukowarno, sosialisasi kepada pengguna jasa angkutan penyeberangan juga dilakukan baik dalam bentuk pengumuman yang ditempelkan di pelabuhan penyeberangan dan sekitarnya, juga melalui media massa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diyakini para pengguna jasa angkutan penyeberangan baik dari Lembar maupun Padangbai sudah mengetahui rencana penutupan aktivitas penyeberangan untuk sementara waktu itu terkait perayaan Nyepi.

Aktivitas penyeberangan ferry dari rute Lembar-Padangbai didukung 22 unit, namun rata-rata 12 unit yang diperasionalkan, sisanya dioperasionalkan secara bergantian, tergantung kebutuhan penumpang dan barang yang hendak diangkut.

Setiap hari penyeberangan pada rute itu mencapai 28 trip, terbanyak siang karena cuaca relatif baik. Berbeda dengan cuaca malam sehingga relatif berkurang trip malam.

"Kalau cuaca, sementara ini baik, angin landai dan gelombang ringan. Kalau cuaca berubah dan tinggi gelombang melebihi dua meter dan kecepatan angin lebih dari 50 knot tentu dihentikan sementara," ujarnya.

Rute penyeberangan Lembar (Lombok) ke Padangbai (Bali) sepanjang 35 mil dengan waktu tempuh 4-5 jam, dan setiap unit kapal rata-rata dioperasikan dalam dua trip.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.