Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pawai Ogoh-ogoh Akan Digelar di Silang Monas

Kompas.com - 10/03/2013, 15:58 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menyambut perayaan Tawur, Senin (11/3/2013), menjelang Hari Raya Nyepi, Pura Agung Wira Satiya Buana Paspampres di Jalan Kesehatan Raya, Gambir, Jakarta Pusat telah menyiapkan sebuah ogoh-ogoh.

Rencananya Tawur akan dilaksanakan di Silang Barat Monumen Nasional (Monas) diikuti oleh sekitar ratusan orang penganut Hindu dari sekitar 22 pura yang ada di Jabodetabek.

Tawur ialah sebuah perayaan yang dirayakan sehari sebelum perayaan Hari Raya Nyepi, yang tahun ini jatuh pada Selasa (12/3/2013). Tawur dilaksanakan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada alam semesta yang sudah memberikan segala nikmat yang ada di dunia.

"Jangan meminta saja kepada alam semesta, tetapi tidak pernah sedekah kepada alam. Kita sudah dikasih air, udara dengan gratis," ujar Ngurah, Ketua Tempek Pengembon Pura Agung Wira Satiya Buana Paspampres, Minggu (10/3/2013).

Pada Tawur kali ini, penyelenggara akan mengorbankan ayam sebagai persembahan. Mecaru korban ayam Madya akan dikorbankan dengan lima ekor ayam dengan warna dan jenis yang berbeda.

Setelah melaksanakan Tawur, nantinya akan ada pawai ogoh-ogoh se-Jabodetabek yang akan dilangsungkan di Monas. Akan ada penilaian untuk ogoh-ogoh terbaik. Untuk Pura Agung Wira Satya Buana Paspampres sendiri akan menampilkan ogoh-ogoh Dase Kala Bumi.

"Nanti ada penilaian untuk festival ogoh-ogoh ini. Yang menilai tim independen dari orang-orang seni," kata Ngurah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com