Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan-AS Buka Perundingan Perdagangan

Kompas.com - 10/03/2013, 14:56 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com - Taiwan dan Amerika Serikat memulai kembali perundingan perdagangan, setelah absen lebih dari lima tahun.

Perundingan tersebut berlangsung di Taipei. Delegasi AS dipimpin oleh Deputi Perwakilan Perdagangan AS Demetrios Marantis, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh American Institute di T aiwan, seperti dikutip AFP, Minggu (10/3/2013).

Kepala perunding Taiwan sekaligus Wakil Menteri Urusan Ekonomi Shih Cho-cha menyatakan bahwa topik soal babi tidak akan menjadi bahan perundingan. Para petani di Taipei sempat khawatir Taipei mungkin menyerah pada tekanan AS dan mencabut larangan impor daging babi AS.

Negosiasi tersebut dipandang sebagai pendahulu untuk perjanjian perdagangan bebas penuh, telah aktif sejak tahun 2007. Taiwan telah memiliki kesepakatan perdagangan bebas dengan Panama, Guatemala dan Nikaragua .

Hubungan antara Taiwan dan China telah membaik sejak Ma Ying-je ou dari Kuomintang Beijing berkuasa pada tahun 2008 . Dia berjanji akan meningkatkan hubungan perdagangan dan mengizinkan wisatawan China datang ke Taiwan. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com