Kompas.com - 10/03/2013, 02:33 WIB
EditorBenny N Joewono

DENPASAR, KOMPAS.com - Perseroan Terbatas PLN Distribusi Bali memperkirakan konsumsi listrik di Pulau Dewata selama libur Hari Raya Nyepi, Selasa (12/3/2013), berkurang sekitar 40-60 persen dibandingkan hari biasa.

"Penghematan pemakaian listrik saat Nyepi kami perkirakan 40--60 persen dari beban puncak," kata Kepala Humas PLN Distribusi Bali Agung Mastika di Denpasar, Sabtu (9/3/2013).

Penghematan listrik pada hari raya suci umat Hindu itu diperkirakan mencapai 290 megawatt. "Jika dirupiahkan berkurangnya konsumsi listrik pada saat Nyepi kami perkirakan bernilai sekitar Rp 4 miliar," ujarnya.

Dia menjelaskan, pada hari biasa beban puncak atau konsumsi listrik di Pulau Dewata mencapai 662 megawatt, yang berkurang sampai 60 persen saat Nyepi, menyambut tahun baru Saka 1935 itu.

Hal tersebut disebabkan adanya pantangan yang harus dilaksanakan umat Hindu, yakni tidak menyalakan api atau lampu listrik selama 24 jam pelaksanaan ritual Nyepi.

Sebelumnya Agung mengatakan, pihaknya tetap mengoperasikan dan tidak akan melakukan pemadaman terhadap mesin-mesin pembangkit listrik saat umat Hindu menunaikan Tapa Brata Penyepian.

Saat ini, pasokan listrik dari sejumlah pembangkit listrik di Pulau Dewata beserta kabel laut adalah sebanyak 690 megawatt. "Mesin tetap beroperasi, pasokan energi listrik juga tetap dilakukan kepada sekitar 839.619 konsumen tersebar di delapan kabupaten dan satu kota di Bali, seperti hari-hari biasanya," kata Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.