Kompas.com - 09/03/2013, 16:59 WIB
|
EditorRusdi Amral

MESUJI, KOMPAS.com - Ratusan umat Hindu di wilayah Moro-Moro, Register 45 Mesuji, melakukan upacara perayaan Melasti, Sabtu (9/3/2013). Perayaan keagamaan umat Hindu ini berlangsung meriah. Ratusan warga Hindu keturunan Bali se-Kecamatan Way Serdang melakukan sembahyang di Lapangan Kali Pasir Asahan. Upacara Melasti ini bertujuan mensucikan diri dan membuang pengaruh buruk. -

Sekretaris Jenderal Persatuan Petani Moro-Moro Way Serdang (PPMWS) Syahrul Sidin mengatakan, acara ini juga dihadiri perwakilan dari pemeluk agama lainnya. "Register 45 selalu dikenal dengan wilayah konflik dan berita kekerasan. Tapi, hal yang senantiasa luput dari perhatian media dan publik adalah suasana hidup damai, saling berdampingan menghargai antar-umat beragama," ujar Syahrul melalui siaran persnya.

Menurutnya, di Moro-Moro terdapat berbagai pemeluk agama dari Islam, Hindu, dan Kristen. "Kami saling hidup damai. Tempat-tempat ibadah bebas berdiri di wilayah yang belum diakui oleh pemerintah ini," ujarnya.

Berdasarkan data PPMWS, saat ini terdapat lebih dari 10 mushala, 3 gereja, dan 4 pura di Moro-Moro yang berada di kawasan hutan Register 45 Mesuji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.