Kompas.com - 08/03/2013, 20:20 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menuntut keseriusan PT Jakarta Monorail (PT JM). Jokowi terus meminta perusahaan itu untuk melaporkan perkembangan rencana pembangunan megaproyek transportasi massal tersebut.

Jokowi kembali mengundang PT JM dan investor untuk dipertemukan dengan tim yang dibentuknya untuk membahas kelanjutan proyek tersebut. Pertemuan itu rencananya akan digelar pada Senin (11/3/2013) pekan depan dengan agenda pemaparan perkembangannya.

"Mungkin Senin kita ketemu sehingga nanti jelas, mereka itu serius enggak sih. Kalau enggak, ya sudah, ngapain saya tunggu," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (8/3/2013).

Pada awalnya Jokowi berencana memulai pembangunan monorel pada Februari 2013. Namun, hal itu urung dilakukan karena PT JM belum bisa melengkapi dokumen utang piutang dan latar belakang investor yang akan terlibat, yakni Ortus Holding Ltd.

"Saya enggak mau keliru, makanya saya minta mana dokumennya (dilengkapi), pastikan investornya siap benar. Kalau sudah lengkap, baru mulai, langsung ngecor," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menolak disalahkan karena lambannya keputusan pembangunan monorel. Ia juga mengancam akan mengganti investor pembangunan monorel jika syarat-syarat yang ia sampaikan tidak dipenuhi.

Jokowi telah meminta PT JM untuk segera melengkapi dokumen terkait utang-piutang dan profil perusahaan yang akan menjadi investornya. Permintaan itu juga dibarengi dengan pemberian tenggat waktu bahwa Jokowi akan mengganti investor pembangunan monorel bila PT JM belum bisa memberikan dokumen yang dimaksud sesuai batas waktu. "Ada tenggat waktu, enggak usah saya sebutkan kapan. Kalau lewat, ya gantilah investornya. Jangan kelamaan, habis waktu kita," kata Jokowi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X