Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibit: Terpilih atau Tidak Yang Penting Sehat

Kompas.com - 08/03/2013, 15:52 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Semua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah telah merampungkan semua rangkaian tes kesehatan yang dilaksanakan di RSUP Dr Kariadi Semarang, Jumat (8/3/2013).

Ini merupakan pemeriksaan hari kedua, yang meliputi pemeriksaan telinga dengan audiometric dan pemeriksaan dengan humphrey di ruang Clinical Diagnostic Centre RSUP Dr Kariadi.

Sehari sebelumnya, ketiga pasang cagub-cawagub Jateng menjalani pemeriksaan fisik, rekam jantung, psikologi, paru-paru, THT, pemeriksaan laboratorium, dan sebagainya.

"(Pemeriksaan) di hari ini ditangani oleh empat dokter," ungkap Kepala Hukum, Humas dan Pemasaran RSUP Dr Kariadi Semarang Darwito.

Usai melakukan tes kesehatan, seluruh pasangan bakal calon tersebut melakukan pertemuan dengan wartawan. Masing-masing bakal calon Gubernur menyampaikan kesan selama pemeriksaan.

Gubernur Petahana Bibit Waluyo mengatakan kesehatan itu sangat penting bagi siapapun. "Kepilih enggak kepilih sing penting sehat (terpilih atau tidak yang penting sehat). Jangan sampai setelah pilgub nanti malah sakit. Kan ya repot. Yang terpilih lanjut yang tidak terpilih juga harus lanjut berkarya," katanya.

Ia mengatakan pilgub ini diharapkan benar-benar menjadi pesta demokrasi bagi rakyat untuk memilih siapa pemimpin terbaiknya. Para pasangan calon yang menjadi saingannya merupakan sahabat, sehingga semua pihak diharapkan menjaga keamanan dan ketentraman yang sudah terpelihara selama ini.

"Ini pesta demokrasi, biarkan rakyat memilih pemimpinnya. Media juga yang senang sama saya coblos saya, nek ora ya kebangeten (kalau tidak ya terlalu)," canda Bibit yang disambut sorak-sorai wartawan.

Hal senada disampaikan bakal cagub yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo. Ia mengaku mengapresiasi layanan kesehatan di RSUP Dr Kariadi Semarang.

"Pilgub ini juga diharapkan menjadi edukasi bersama sebagai pesta demokrasi," kata Ganjar.

Seperti diketahui, Pilgub Jawa Tengah kali ini diikuti tiga pasang calon yakni Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko yang diusung PDI Perjuangan, pasangan Bibit Waluyo dan Sudijono Sastriatmodjo yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Pasangan ketiga adalah Sekretaris Daerah Jateng Hadi Prabowo dan Don Murdono yang diusung Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), Partai Hanura, Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua KPUD Jateng Fajar Saka mengatakan sejumlah rangkaian tes kesehatan itu telah berakhir. Hasil tes kesehatan tersebut akan disampaikan tim dokter dalam waktu dekat pada KPUD Jawa Tengah. Hasil tes itu merupakan salah satu bahan pertimbangan dalam penetapan cagub dan cawagub nantinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com