Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Siaran TV dan Radio Saat Nyepi di Bali

Kompas.com - 08/03/2013, 15:34 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali kembali mengeluarkan imbauan kepada seluruh lembaga penyiaran baik lokal maupun nasional untuk tidak mengudara saat hari raya Nyepi, Selasa (12/03/2013) mendatang. Imbauan ini diterbitkan untuk menghormati umat Hindu yang akan melakukan Catur Brata Penyepian.

"Dalam rangka menghormati pelaksanaan Nyepi Tahun Baru Caka 1935 pada tanggal 12 maret mendatang, KPID Bali kembali melayangkan imbauan kepada seluruh lembaga siaran, radio televisi nasional, lokal, untuk tidak bersiaran pada tanggal 12 maret mulai pukul 6 pagi," ujar Ketua KPID Bali Komang Suarsana saat ditemui di kantornya, Jumat (8/3/2013).

Imbauan ini mendapat respons positif dari Kementrian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) serta seluruh lembaga penyiaran yang menyanggupi untuk tidak bersiaran saat Nyepi. KPID juga bersurat kepada penyedia TV berlangganan dan mereka pun akan menaati imbauan KPID ini.

"Operator-operator TV berlangganan sudah kita ajak berkomunikasi, mereka sudah siap dan sudah pengalaman tahun lalu," jelas Suarsana.

KPID Bali sudah membentuk tim untuk mengawasi seluruh lembaga siaran pada saat Hari Raya Nyepi. Karena sifatnya imbauan, KPID tidak bisa memberi sanksi administratif kepada lembaga penyiaran yang melanggar.

"Ketika tidak ditaati, lebih kepada sanksi moral dan sosial dari masyarakat. Dan ketika mereka berurusan dengan KPI akan kita beri catatan khusus," jelasnya.

Imbauan untuk tidak bersiaran ini sudah berlangsung sejak tahun 2007 silam, dan sejak 3 tahun terakhir seluruh lembaga siaran sudah kompak menghentikan siarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com