Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biayai Infrastruktur, Pemerintah Cari Pinjaman Rp 7,6 Triliun

Kompas.com - 08/03/2013, 13:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana meminjam dana asing sebesar Rp 7,6 triliun pada tahun 2014. Dana tersebut untuk membiayai sejumlah proyek infrastruktur.

Jumlah pinjaman dana ini tidak jauh berbeda dengan pinjaman luar negeri pada 2013 sebesar Rp 7,8 triliun.

"Proyek-proyek yang akan didanai oleh pinjaman luar negeri seperti pembangunan jalan lingkar Manado II, pembangunan jalan lintas Timur Sumatra, proyek irigasi dan beberapa proyek berbasis masyarakat," ujar Kepala Biro Perencanaan & Pinjaman Luar Negeri Kementerian Pekerjaan Umum Rido Matari Ichwan, Jumat (8/3/2013).

Belajar dari pengalaman, Kementerian PU akan memperkuat perencanaan dan akurasi pembangunan. Dengan demikian, Rido menilai pinjaman dari luar negeri adalah sesuatu yang tepat.

Jika dibandingkan dengan keseluruhan anggaran PU, Rido menilai jumlah pinjaman sebesar Rp 7,6 triliun termasuk kecil. Proyeksi kebutuhan PU pada 2014 mencapai Rp 85 triliun-Rp 110 triliun. "Sementara alokasi PU tahun ini hanya 77,5 triliun," ungkap Rido. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com