Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pawai Seni Ogoh-ogoh Daya Tarik Wisata Surabaya

Kompas.com - 07/03/2013, 16:34 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Menyambut hari raya Nyepi, umat Hindu di Surabaya, Jawa Timur, telah menyiapkan serangkaian acara, antara lain Melasti, Tawur Kesanga, Tapa Brata, Ngembak Geni, serta pelaksanaan Dharma Santi. Tahun 2013 ini perayaan Nyepi mengambil tema "Dengan Persaudaraan Kita Bangun Kebersamaan".

Menurut Ketua Panitia Nyepi dan Dharma Shanti Bersama TNI-POLRI-PNS-Umat Hindu Jawa Timur I Nyoman Sutantra di Surabaya, Kamis (7/3/2013), perayaan Nyepi di Surabaya menjadi salah satu event wisata tahunan karena serangkaian acara perayaan bisa menjadi daya tarik wisatawan.

"Perayaan menjelang Nyepi di Bali menjadi salah satu daya tarik wisatawan sehingga dimasukkan dalam kalender event tahunan wisata. Salah satu yang menjadi daya tarik turis adalah Pawai Seni Ogoh-ogoh," katanya.

Menjelang Nyepi, umat Hindu Surabaya akan melakukan Melasti, Minggu (10/3/2013), yang berpusat di Pura Agung Jagat Karana, Perak. Proses Melasti akan diikuti sekitar 6.000 orang, diikuti umat Hindu Surabaya, Mojokerto, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, dan Bromo, Probolinggo.

"Prosesi Melasti dimulai sekitar pukul 08.30. Umat Hindu akan berjalan kaki dari Pura Agung Jagat Karana menuju Pantai Arafuru dan diperkirakan kembali pukul 12.30," katanya. Kemudian, sehari menjelang Nyepi, Senin (11/3), dilakukan Tawur Kesanga yang akan dilaksanakan di Tugu Pahlawan mulai pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB.

Ritual Tawur Kesangan akan dihadiri sekitar 2.500 umat Hindu. Setelah itu, dilanjut, Pawai Seni Ogoh-ogoh yang menurut rencana dilepas oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. "Pawai akan mengelilingi Tugu Pahlawan, pawai juga akan dilakukan di sekitar Pura Segara Kenjeran pukul 15.00-16.30 WIB akan dihadiri sekitar 1.000 orang.

Pawai seni Ogoh-ogoh menjadi daya tarik wisata di Surabaya. "Kegiatan ini sudah yang ketiga kalinya kami lakukan," katanya. Untuk menghindari kemacetan diharapkan warga Surabaya yang biasa melintasi Jalan Pahlawan.

Supaya mencari jalur alternatif agar tidak terjebak macet. Sebab, pawai ini akan berlangsung sampai siang hari. Puncak perayaan Nyepi akan dilakukan Dharma Shanti, Minggu (7/4/2013), di Jatim Expo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com