Kompas.com - 07/03/2013, 14:58 WIB
EditorI Made Asdhiana

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait terus mengembangkan kawasan wisata alam dan budaya yang ada di daerah itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Pengembangan kawasan wisata itu dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta telah dialokasikan dana mencapai Rp 620 juta untuk program ini," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Kamis (7/3/2013).

Dua program yang dilaksanakan tahun anggaran 2013 yakni peningkatan kawasan wisata alam dengan anggaran Rp 350 juta dan pengembangan kawasan wisata budaya dengan biaya Rp 270 juta.

Pemprov Sumbar dalam pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2011-2015 di bidang pariwisata menargetkan akan meningkatkan kualitas 222 obyek wisata di daerah tersebut.

"Peningkatan kualitas obyek wisata itu dilakukan selain melibatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, juga Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang Permukiman serta Badan Koordinasi Penanaman Modal Sumbar," katanya.

Untuk pelaksanaan peningkatan kualitas 222 obyek wisata tersebut, Pemprov Sumbar membutuhkan dana mencapai Rp 16,78 miliar selama lima tahun kegiatan ini. Untuk 2013 dilakukan peningkatan kualitas pada 52 obyek wisata, pada 2014 akan dilaksanakan untuk 53 obyek dan di 2015 sebanyak 64 obyek wisata ditingkatkan kualitasnya.

Peningkatan kualitas obyek wisata dilakukan dengan menambah dan mencukupkan sarana prasarana pendukung, termasuk ruas jalan menuju tempat kunjungan para wisatawan tersebut.

Sumbar telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai daerah tujuan wisata utama nasional di wilayah Barat Pulau Sumatera. Daerah ini memiliki banyak obyek wisata andalan didukungan keberagaman seni budaya dan makanan khas daerah.

Objek wisata andalan daerah ini antara lain, kota wisata Bukittinggi, Kota Budaya Batusangkar, wisata Bahari Kepulauan Mentawai, wisata sejarah Padang "Kota Tua", wisata Sawahlunto kota sejarah tambang batubara.

Kemudian, wisata Pantai Padang, Pariaman dan Painan Pesisir Selatan, wisata religius Makam Syech Burhanuddin, wisata alam seperti, Danau Maninjau, Singkarak, Di Atas dan Danau Di Bawah, Lembah Harau dan Lembah Anai.

Sumbar juga memiliki dua taman nasional, yakni Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan Taman Nasional Siberut (TNS) Pulau Siberut, Mentawai. Sumbar juga dikenal sebagai daerah wisata kuliner dengan makanan paling terkenal Rendang dan kerupuk Balado.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.