Kompas.com - 07/03/2013, 13:41 WIB
Penulis Suhartono
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

AMURANG, KOMPAS.com — Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2 Sulawesi Utara (Sulut) yang berkapasitas 2 x 25 MW atau dikenal dengan nama PLTU Amurang, Kamis (7/3/2013) pagi ini, diserahkan PT Wijaya Karya (Wika) kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Penyerahan PLTU tersebut disaksikan Menteri ESDM Jero Wacik dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut Jauhari Kansil dan Bupati Minahasa Selatan Christina Parentu di Desa Tawaang, Kecamatan Tenga, Minahasa Selatan.

"Sebagai kontraktor nasional, PT Wika mendapat kehormatan dapat berkontribusi melalui pekerjaan teknik, pengadaan, dan konstruksi pembangkit listrik (engineering, procurement and construction/EPC) secara penuh dan pertama kalinya dapat membangun PLTU tersebut," ujar Direktur Utama PT Wika Bintang Perbowo, Kamis ini.

Menurut Bintang, PLTU Amurang merupakan bagian dari program percepatan pembangunan pembangkit listrik tahap pertama 10.000 MW luar Jawa yang dicanangkan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik di Indonesia, khususnya Sulut.

Penandatanganan kontrak pembangunan PLTU Amurang dilakukan PT Wika dengan PT PLN tanggal 30 Oktober 2007 dan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pada 15 Maret 2008.

"Kedua unit telah beroperasi dengan baik dan sudah mendapat sertifikat laik operasi dari PLN Jaser pada Oktober tahun lalu, yang kemudian dilanjutkan dengan pernyataan commercial operation date (COD) oleh PT PLN UIP Kitsulmapa," kata Bintang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.