Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 1 April, PT KAI Ubah Jadwal Perjalanan

Kompas.com - 07/03/2013, 13:13 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT KAI akan memberlakukan Perubahan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) tertanggal 1 April 2013. Perubahan jadwal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang dengan mempersingkat waktu jarak tempuh kereta.

Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo mengatakan bahwa ada beberapa pertimbangan dalam Gapeka ini. PT KAI akan memanfaatkan jalur baru sebagai upaya menempuh keinginan pasar agar jadwal KA dapat bersinergi dengan moda transportasi lainnya.

Selain itu, dengan adanya perubahan waktu tempuh KA, nantinya KA ekonomi jarak tempuhnya akan semakin singkat. Hal ini bertujuan agar memberikan kenyamanan maksimal kepada pengguna kereta.

"Untuk KA ekonomi, nantinya tempat duduk akan 100 persen sehingga yang masuk kereta hanya penumpang bertiket. Kita usahakan untuk tidak ada pedagang asongan. Selain itu, penumpang akan lebih mudah membeli tiket yang kita jual di beberapa minimarket," kata Wimbo, Kamis (7/3/2013).

Dengan adanya pengurangan waktu tempuh, perawatan atau pengecekan ulang di stasiun akan semakin baik. Terkait pemberlakuan jadwal baru, perjalanan KA yang mulai berlaku 1 April 2013, pada intinya waktu tempuh di hampir semua KA akan lebih cepat beberapa menit. Namun, ada beberapa KA yang sengaja dilambatkan 15 menit untuk pengaturan persilangan.

"Yang paling urgen untuk pergantian jadwal KA ini adalah untuk meningkatkan derajat keselamatan, keamanan, dan kelancaran operasi kereta api," ujar Wimbo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com