Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14.000 Polisi Amankan Pilgub Sumut

Kompas.com - 07/03/2013, 04:35 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Sumatera Utara atau Poldasu siap mengamankan jalannya Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) pada Kamis (7/3/2013) ini dengan menempatkan 14.000 lebih personelnya ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Sumut. Kesemua personel berasal dari polres/polresta dibantu personel dari Polda Sumut dan Brimobda Sumut.

"Hari ini, 241 personel Poldasu dan Brimob sudah sampai di Nias Selatan," kata Kepala Biro Ops Poldasu Kombes Iwan Hari Sugiarto kepada wartawan, Rabu (6/3/2013).

Menurutnya, 338 personel Polda dan Brimobda Sumut sudah lebih dulu tiba di Nias induk, termasuk ke Asahan sebanyak 172 personel. Sementara itu, di Labuhanbatu disiagakan 60 personil Brimob, Padangsidimpuan 30 anggota Brimob dan Tapsel 30 personel Brimob.

Menurut Kombes Iwan, dari hasil pengecekan terakhir, semua kotak suara sudah sampai di tempatnya. "Sedikit kendala di Asahan dan Tanjung Balai karena beberapa TPS terpaksa dipindahkan akibat banjir. Seperti di Kecamatan Sei Duapuluh, Asahan, 12 TPS terpaksa dipindah sekitar 300 meter dari lokasi semula karena banjir melanda kawasan itu. Untuk keperluan angkut logistik, Polda menyiapkan 10 sampan," katanya.

Di Tanjungbalai, ada 27 TPS yang dipindahkan akibat banjir, yaitu 21 TPS di Kecamatan Datuk Bandar dan 6 TPS di Datuk Bandar Timur. Lokasi pindah sekitar 150 meter dari TPS semula, tetapi tidak memerlukan sampan untuk angkut logistik karena ketinggian air hanya berkisar 30 sentimeter.

Selain pengamanan, di 26.452 TPS, semua personel membantu pendistribusian kertas suara dan kotak suara serta melakukan pengawalan kertas suara yang sudah dicoblos ke kantor lurah dan camat.

"Total keseluruhan personel 14.571. Pengamanan kotak suara memakai pola berbeda, tergantung tingkat kerawanan wilayah. Jika tingkat kerawanannya tinggi maka satu polisi untuk satu TPS. Jika tidak, satu polisi bisa mengawasi empat atau enam TPS," kata Kombes Iwan.

Selain polisi, sebanyak 2.195 personel TNI juga dilibatkan membantu pengamanan. "Sifatnya hanya bantuan saja. Mereka disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Iwan.

Wakil Kapolda Sumut Kombes Pol Basaruddin telah berkunjung ke sejumlah polres terdekat untuk melihat langsung persiapan pengamanan Pilgubsu. Mengenai laporan pelanggaran selama kampanye yang diterima Polda, Iwan mengatakan cuma satu laporan di Polres Labuhanbatu karena ada kontestan yang kedapatan membagi-bagi kain sarung. Laporan itu, kata dia, masih diproses. Sementara itu, pasukan cadangan tetap disiagakan di wilayah tugas masing-masing. Tugasnya untuk kegiatan operasi sehari-hari dan dikerahkan jika memang diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com