Pemerintah Usahakan Biaya Haji 2013 Tak Naik

Kompas.com - 06/03/2013, 05:07 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berupaya agar biaya haji tahun 2013 tidak kembali naik meskipun beberapa komponen mengalami kenaikan harga. Pemerintah akan mengefisienkan beberapa komponen untuk menghindari kenaikan biaya haji.

"Kita efisienkan biaya-biaya yang tidak perlu. Kita upayakan tidak ada kenaikan tarif tanpa mengurangi kualitas pelayanan jamaah," kata Anggito Abimanyu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama seusai rapat internal bersama Komisi VIII DPR di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Anggito mengatakan, beberapa komponen yang masih menjadi beban diantaranya biaya pangan dan biaya pemondokan haji di Madinah. Namun, kata dia, ada pula komponen yang bisa diturunkan tahun ini seperti biaya penerbangan.

"Besaran penurunan biaya penerbangan masih dibicarakan. Mudah-mudahan bisa seefisien mungkin," ucap Anggito.

Kapan keputusan besaran biaya haji akan diambil? Menurut Anggito, kemungkinan awal April sudah bisa disampaikan ke publik. "Sekarang pembahasan masih berlangsung," ucapnya.

Ketika disinggung praktik penipuan yang dilakukan travel terhadap bakal calon haji, Anggito menegaskan akan terus menindak mereka yang berbuat pidana. Sebelumnya, kata dia, sebanyak 16 travel nakal sudah diberikan sanksi. Ke depan, pihaknya akan bekerjasama dengan Kepolisian untuk melakukan penindakan pelanggaran yang sama.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X