Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascabentrokan, Aparat Keamanan Gelar Razia

Kompas.com - 05/03/2013, 15:32 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pascabentrokan antarkelompok warga di Desa Poka-Rumah Tiga, Kecamatan Baguala, Ambon, aparat TNI dan Polri langsung merazia rumah-rumah warga yang terlibat bentrok.

Dalam razia tersebut, aparat keamanan menyita sepucuk senapan angin , dua parang, dan tiga buah pisau. "Dalam razia itu aparat berhasil menyita satu pucuk senapan angin, dua buah parang dan tiga buah pisau. Aparat keamanan juga menyita 80 liter minuman keras jenis sopi saat menggelar  razia. Saat ini barang bukti tersebut telah berada di Mapolres Ambon," jelas Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lese, Ajun Komisaris Besar Polisi, Suharwiyono, Selasa (5/3/2013) sore.

Suharwiyono menjelaskan, untuk mencegah meluasnya bentrokan, dia dan Dandim 1504 Pulau Ambon menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat dan perangkat pemerintah kedua desa pada sekitar pukul 11.30 WIT.

"Kita lakukan mediasi dan koordinasi langsung dengan tokoh masyarakat dan perangkat desa kedua kelompok warga. Hal ini kita lakukan agar bentrok tidak meluas menjadi besar," ujar Kapolres.

Suharwiyono menyatakan, sampai saat ini pihaknya masih menyelidiki peristiwa itu dan para pelaku yang merusak rumah-rumah warga. Menurut Suharwiyono, Pemerintah Kota Ambon bertanggung jawab atas pembiayaan perawatan korban luka dan kerusakan rumah warga akibat bentrok itu. "(Perbaikan) Rumah - rumah yang rusak dan perawatan warga yang terluka akan dibiayai oleh Pemkot Ambon," kata Suharwiyono.

Sebelumnya diberitakan, terjadi bentrokan antara dua kelompok warga di Desa Poka dan Rumah Tiga, Kecamatan Baguala Ambon, Selasa (5/3/2013) terlibat bentrok. Kedua kelompok warga ini saling menyerang dengan menggunakan batu dan senapan angin serta senjata tajam lainnya. Peristiwa ini menyebabkan lima warga terluka akibat terkena senjata tajam dan tembakan senapan angin.

Kepala Kepolisian Resor Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ajun Komisaris Besar Polisi Suharwiyono kepada wartawan mengatakan, selain lima korban luka, lima rumah warga juga mengalami kerusakan akibat terkena lemparan dan sebagian dirusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com