Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rel Krenceng-Merak Tergenang

Kompas.com - 05/03/2013, 14:07 WIB
Agnes Rita Sulistyawaty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rel kereta api antara Krenceng dan Merak tergenang banjir sejak Senin (4/3/2013). Air yang masih menggenangi rel pada Selasa mengganggu perjalanan kereta.

Wakil Kepala PT KAI Daop I Sugeng Priyono mengatakan, KA Kalimaya yang biasanya bertolak dari Stasiun Merak terpaksa berangkat dari Stasiun Cilegon karena rel KA Krenceng-Merak masih tergenang air dan lumpur sekitar 10 cm.

"Genangan air di lokasi banjir Krenceng-Merak  akibat eks galian C di atas bukit di daerah tersebut, sementara saluran air tidak dinormalkan kembali sehingga air dari atas hanya dapat mengalir ke arah rel dengan volume yang besar dan bercampur lumpur," kata Sugeng.

Dia menambahkan, dulu air mengalir ke arah rel, tetapi tidak terlalu besar. Air mengalir ke saluran dan tidak membawa lumpur. Saat ini lumpur mengakibatkan saluran di sekitar jalan rel mampet dan otomatis menggenangi rel. Genangan di rel mulai terjadi Senin, pukul 16.00. Pada pukul 17.30, genangan air sudah surut dan rel dinyatakan bisa dilalui kereta dengan kecepatan maksimal 5 km per jam.

Mulai pukul 18.00, hujan kembali deras dan air menggenangi rel di lokasi yang sama. Ketinggian air sekitar 30 cm di atas rel. Perjalanan kereta berakhir di Cilegon. Beberapa penumpang terpaksa menggunakan angkutan umum lain untuk menuju Merak. Air baru surut pada Selasa pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com