Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari ke 5, Pencarian 2 Petambang yang Tertimbun Nihil

Kompas.com - 05/03/2013, 12:16 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Pencarian dua petambang emas yang tertimbun di lubang penambangan emas rakyat Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara, belum juga membuahkan hasil. "Ini sudah hari kelima pencarian korban," ujar Fery Arianto, salah satu anggota Tim SAR Manado, Selasa (5/3/2013).

Alat berat berupa eskavator siang ini telah menggali hingga kedalaman sekitar 20 meter. Para petambang yang sebelumnya menggali secara manual dengan memasuki lubang asli berdiameter 30 centimeter, memprediksi titik terjebaknya kedua korban sudah dekat.

"Saya rasa sudah dekat, hanya saja sekarang sudah sangat berisiko, karena dinding galian bisa runtuh jika tidak hati-hati," ujar salah satu petambang. Kini eskavator dengan sangat hati-hati mencoba membuat akses ke titik di mana diperkirakan korban berada.

Ratusan petambang dan warga lainnya masih juga terus berada di lokasi menyaksikan jalannya upaya pencarian. Petugas polisi dan aparat TNI tampak ikut berjaga.

Ari Ratumbanua (31) dan Bryan Telew (21) warga Desa Pinabetengan, Minahasa terjebak di lubang ketika sedang melakukan penggalian untuk mencari emas. Lokasi penambangan emas di Tatelu merupakan salah satu dari sekian lokasi penambangan emas yang ada di Sulawesi Utara. Faktor keselamatan yang kurang mendapat perhatian sering membuat kecelakaan bagi para petambang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com