Kompas.com - 05/03/2013, 11:35 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Apakah setelah berhubungan seks Anda kerap kali "ditinggal" tidur pasangan? Jika ya, jangan lantas merasa kecewa dan berpikir bahwa ia tidak puas dengan aksi yang baru selesai dilakukan. Tertidur setelah berhubungan seks merupakan hal yang normal, mengingat rasa lelah yang timbul berhubungan seks merupakan reaksi alami dari tubuh.

Berikut beberapa fakta tentang tidur setelah berhubungan seks:

1. Seks yang dilakukan di malam hari dimana tubuh biasanya sudah capek setelah beraktivitas seharian, merupakan alasan utama mengapa setelah berhubungan seks, orang dapat langsung tertidur.

2. Banyak orang yang menahan napasnya beberapa waktu ketika sedang melakukan hubungan seks. Denyut jantung pun akan semakin cepat karena tubuh kekurangan oksigen. Hal ini membuat tubuh semakin lelah dan lebih membutuhkan istirahat.

3. Tidur setelah berhubungan seks seharusnya malah menjadi indikasi positif bahwa hubungan seks Anda berjalan dengan baik hingga mencapai orgasme. Dalam kasus yang yang jarang terjadi, pria yang kekelahan setelah berhubungan seks mungkin menderita masalah kesehatan. Untuk kasus ini, perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan guna memastikannya.

4. Khusus pria, selama orgasme mereka mengalami ejakulasi, yang berarti adanya pelepasan hormon yang memicu kelelahan. Maka tidur merupakan cara utama untuk melepaskan rasa lelah tersebut.

Namun jika tertidur saat tidur masih mengganggu, mungkin Anda bisa melakukan upaya pencegahan rasa kantuk dan lelah. Misalnya dengan minum kopi sebelum bercinta. Meski ini bukan solusi jangka panjang, tetapi cukup membantu melawan rasa lelah. Makan buah dingin juga akan memberikan rasa segar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.