Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang Sukuk Negara Diharapkan Topang Rupiah

Kompas.com - 05/03/2013, 10:44 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Rupiah masih saja didera tekanan pelemahan. Lelang sukuk negara yang direncanakan pada Selasa (5/3/2013) diharapkan menopang pergerakan rupiah. Pada akhir perdagangan Senin (4/3/2013) rupiah ditutup melemah di level Rp 9.706 per dollar AS dari saat dibuka di level Rp 9.695 per dollar AS. Rupiah bergerak di kisaran Rp 9.695- 9.711 per dollar AS.

Menurut riset BNI Treasury, ditutupnya bursa IHSG di zona negatif didorong aksi ambil untung oleh pelaku pasar setelah sehari sebelumnya kembali mencatatkan sejarah tertinggi di atas level 4.800 menambah tekanan bagi rupiah menjelang penutupan.

Meskipun demikian, kemarin investor asing masih mencatat pembelian bersih atas saham-saham di Bursa Efek Indonesia. Hari ini rupiah berpotensi bergerak dengan kecenderungan konsolidasi melemah kembali. Permintaan valuta asing diperkirakan masih tinggi di tengah aliran dana masuk ke Indonesia.

Pemerintah (DJPU) berencana mengadakan lelang Surat Berharga Syariah Negara atau sukuk negara hari ini dengan target Rp 1,5 triliun. Hal itu diharapkan akan berdampak positif bagi pergerakan rupiah hari ini. Bank Indonesia pun diproyeksikan akan terus memonitor pergerakan rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com