Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Dapat Raskin, Warga Serbu Kantor Lurah

Kompas.com - 04/03/2013, 17:05 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com - Puluhan warga Lingkungan Kalicoppeng, Kelurahan Palette, Kecamatan Taneteriattang Timur, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menggelar unjukrasa dengan menduduki kantor kelurahan setempat. Aksi yang dilakukan sekitar pukul 11.00 WITA, Senin (4/3/2013) digelar sebagai bentuk protes karena mereka tak lagi menerima jatah beras miskin (raskin).

Aksi warga ini berlangsung aman, karena pihak kelurahan segera memanggil warga yang berunjukrasa untuk melakukan berdialog. "Tahun lalu warga masih terima pembagian, tapi tidak tahu sekarang ini dihentikan malah yang dapat jatah sekarang orang yang mampu," ungkap Andi Panegerang salah satu warga.

Terdata, sebanyak 12 Kepala Keluarga (KK) di Lingkungan Kalicoppeng yang tergolong miskin dengan pekerjaan sebagai nelayan serta penggali batu tidak lagi menerima kupon raskin. Padahal raskin ini sangat berarti bagi warga, karena harganya yang terjangkau.

Sementara itu, Kepala Kelurahan (Lurah) Palette Andi Andri yang dikonfirmasi saat aksi unjukrasa berlangsung mengaku, kuota bembagian raskin tahun ini telah dikurangi. Atas unjukrasa ini, dia juga mengaku akan memasukkan kembali kuota penerimaan raskin pada tahun 2014 nanti.

"Kuota di Kelurahan Palette sebelumnya 198 tapi dikurangi jadi 189, dan ini tidak bisa dirubah karena hasil survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) tapi kami akan laporkan dan usulkan ke 12 KK ini agar nanti tahun depan kembali menerima jatah bembagian," kilah Andi Andri.

Setelah mendapat penjelasan dari pihak kelurahan, warga pun membubarkan diri dengan tertib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com