Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Tuding BJB Bagikan Uang di Malam Pencoblosan

Kompas.com - 04/03/2013, 11:14 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dalam pekan ini terkait hasil Pilkada Jawa Barat yang memenangkan Ahmad Heryawan-Dedy Mizwar.

Partai yang mengusung pasangan calon Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki ini pun sudah menyiapkan 74 halaman pelanggaran pilkada yang siap dibongkar dalam sidang MK nantinya.

Salah satu pelanggaran yang ditemukan tim Rieke-Teten adalah adanya pembagian uang yang dilakukan Bank BJB pada malam sebelum hari pemungutan suara.

"Satu hal yang menggelikan, besok mau mencoblos malamnya pukul 23.00, Bank BJB masih membagikan uang. Ini salah satunya, ada apa?" ujar Ketua DPD PDI-Perjuangan Jawa Barat TB Hasanudin di Gedung Kompleks Parlemen, Senin (4/3/2013).

Menurut Hasanudin, tindakan bank pemerintah daerah itu sangat tidak elegan.

"Munafik sekali kalau itu disebut sebagai percepatan pendistribusian uang. Kami sudah lebih dari 50 tahun tinggal di Jawa Barat baru sekali menemukan keanehan seperti itu," ucapnya.

Hasanudin mengatakan pihaknya sudah merampungkan 74 halaman laporan pelanggaran Pilkada Jawa Barat yang terjadi. PDI Perjuangan, lanjutnya, juga sudah menunjuk ahli hukum yang siap memperkarakan kasus ini ke MK.

"Perkiraannya Senin atau Selasa atau Rabu ke MK. Setelah disampaikan ke MK, kami baru akan bongkar semuanya 74 halaman itu apa saja," kata Hasanudin.

Saat ditanyakan lebih lanjut tentang oknum yang melakukan pelanggaran-pelanggaran itu, Hasanudin hanya menjawab singkat.

"Urusan kami sama yang (kandidat) nomor empat (Aher-Dedy). Enggak ada yang lain," tukasnya.

Seperti diberitakan, Komisi Pemilihan Umum Daerah Jawa Barat akhirnya menetapkan pasangan Ahmad Heryawan-Dedy Mizwar sebagai pemenang dalam Pilkada Jawa Barat berdasarkan hasil hitung manual.

Perolehan suara pasangan ini mencapai 6,5 juta, melampaui pesaing terdekatnya, Rieke-Teten yang mendapatkan 5,7 juta dukungan.

Namun, hasil ini ditolak oleh tim suksesn Rieke-Teten. Mereka bahkan walk out saat rapat pleno rekapitulasi suara masih berlangsung.

Sekretaris Tim Pemenangan, Abdy Yuhana, menyatakan bahwa mereka menolak hasil rekapitulasi dan menolak juga menandatangani berita acara rekapitulasi.

Belum ada tanggapan BJB maupun tim Aher-Dedy terkait tudingan PDI-P tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com