Kompas.com - 04/03/2013, 03:38 WIB
|
EditorBenny N Joewono

MANOKWARI.KOMPAS.com - Tiga orang mahasiswa dan dua alumni Universitas Negeri Papua (Unipa), Manokwari, Papua Barat, Minggu (3/3/2013) sore, terseret derasnya arus gelombang laut pantai Amban, Distrik Manokwari Utara. Akibatnya satu orang tewas, sedangkan tiga lainnya hilang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, kelima korban beserta satu rekannya itu, pada Minggu sore berekreasi di pantai Amban, Distrik Manokwari Utara untuk merayakan hari ulang tahun rekan mereka, Verry (Mahasiswa Unipa).

Usai merayakan ulang tahun, Verry beserta ke empat rekannya berkeinginan menghabiskan waktu dengan berenang di pantai itu. Namun, naas bagi mereka, akibat kuatnya arus disertai dengan gelombang yang cukup tinggi, kelima orang itu terbawa arus.

Salah satu rekan korban, Wilatus Ramhage, mengaku telah memperingati kelima temannya untuk tidak berenang karena kuatnya ombak. Namun hal tersebut tidak diindahkan oleh teman-temannya tersebut.

"Saat itu saya juga ikut berenang. Namun karena arus kuat, saya naik duluan dan saya juga sudah peringatkan kelima teman ini, tetapi mereka terus berenang," ujar Wilatus, Minggu (3/3/2013).

Beberapa saat kemudian, menurut Wilatus, dirinya diberitahu warga sekitar kalau ada teriakan minta tolong dari arah pantai. Ia pun bergegas menuju pantai. Saat itu ia melihat hanya Anugerah yang melambai-lambaikan tangannya.

Selanjutnya dengan bantuan sebatang kayu, ia bersama dengan warga melakukan penyelamatan terhadap Anugerah. Namun setelah Anugerah berhasil di angkat, salah satu rekan lainnya, Elia Lesnusa juga terlihat berada didalam air, tetapi kondisinya sudah tidak bergerak lagi. "Kita angkat Elia dari air, tetapi kondisinya sudah tidak bergerak lagi," kata Wilatus.

Akibat cuaca yang kurang bersahabat dan tingginya gelombang laut, proses pencarian terhadap 3 korban terpaksa dihentikan dan akan dilanjutkan pada keesokan harinya.

Berikut daftar nama korban tewas, Elia Lesnusa (Alumni Unipa), korban hilang : Verry Anggara (Mahasiswa Unipa), Kristianto Bawontang (Mahasiswa Unipa), Anton (Alumni Unipa), Korban Selamat: Anugerah (Mahasiswa Unipa).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.