Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partisipasi Pilgub Jabar Rendah, Dede Yusuf Prihatin

Kompas.com - 03/03/2013, 16:31 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf Macan Efendi, merasa prihatin dengan rendahnya tingkat partisipasi publik dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2013.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara Pilkada Jabar di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Daerah Jabar Jalan Garut, Bandung, Minggu (3/3/2013), diketahui bahwa jumlah suara sah mencapai 20.115.423 dan suara tidak sah mencapai 598.356 sehingga total jumlah suara sah dan tidak sah adalah 20.713.779. Jumlah ini hanya 63 persen dari jumlah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), yakni 32,5 juta jiwa.

Ditemui seusai menghadiri rapat pleno KPUD Jabar, Dede menilai rendahnya tingkat partisipasi publik ini dikarenakan kurangnya sosialiasi kepada masyarakat. "Ini karena sosialisasi Pilgub Jabar yang tidak merata. Banyak masyarakat yang tidak mendapat undangan dan bahkan tidak tahu. Masih kurang sekali sosialisasinya," katanya. Dede juga menyayangkan ditiadakannya tempat pemungutan suara (TPS) mobile di rumah sakit.

Dede Yusuf dan calon wakil gubernur pasangannya Lex Laksamana hadir pada rapat pleno tersebut. Namun, pasangan calon gubernur nomor urut tiga ini tidak mengikuti acara tersebut hingga selesai. Keduanya meninggalkan aula KPU Jawa Barat saat KPU Kabupaten Garut membacakan perolehan suara di tingkat kabupaten/kota.

"Kan rapat di sana masih lama, kebetulan saya ada aktivitas lainnya. Ada tim saya di dalam," kata Dede.

KPUD Jabar mengumumkan pasangan Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar sebagai pemenang dalam Pilgub Jabar 2013. Keduanya meraih 6.515.313 suara (32,39 persen), sedangkan pasangan Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki meraih 5.714.997 suara (28,41 persen). 

Kemudian di tempat ketiga pasangan Dede Yusuf-Lex memperoleh 5.077.522 suara atau 25,24 persen dan Irianto MS Syafiudin-Tatang Farhanul Hakim mendapatkan 2.448.358 suara (12,17 persen). Di posisi terakhir, Dikdik Maulana Arif Mansur dan Cecep Nana Suryana Toyib mendulang 359.233 suara atau 1,79 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com