Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajanan Pasar Alami Serba Singkong

Kompas.com - 03/03/2013, 03:27 WIB

NYONYA RUMAH

Jajanan dari singkong ini murah meriah dan mengenyangkan. Jika ingin bertampilan modern, silakan coba lapis bianglala kukus. Penampilannya seperti rainbow cake yang sedang tren dengan warna-warni mencolok. Mari berkreasi dengan singkong.

Pak Tepak (Madura)  

Keperluan: 1 kg singkong, ½ butir kelapa yang sedang tuanya, sedikit garam, 200 gram kacang hijau, bubuk hitam dari merang yang dihanguskan lalu digerus.

Cara membuat: Singkong dikupas, parut, lalu buang kanjinya dengan diperas. Bubuhi sedikit garam, ratakan, lalu bagi dua. Sebagian dibiarkan putih, sebagian lagi dibubuhi bubuk hitam, ratakan sampai berwarna kelabu.

Jika sudah matang, berwarna hitam pekat. Setiap bagian diratakan di langseng yang sudah dialas daun, lalu kukus sampai masak selama sekitar ½ jam. Setelah dingin dipotong-potong.

Gulingkan di kelapa parut yang sudah digarami lalu taburi kacang hijau. Kacang hijau digoreng sangrai lalu buang kulitnya. 

Ombus-ombus (Batak)

Keperluan: 1 kg singkong, 1 butir kelapa yang sedang tuanya, gula jawa semanisnya, sedikit garam, daun pisang.

Cara membuat: Singkong dikupas lalu parut. Peras supaya air kanjinya keluar, bubuhi sedikit garam, ratakan. Kelapa diparut, goreng sangan hingga berwarna kuning, bubuhi gula jawa yang sudah diiris-iris, aduk-aduk sampai gulanya bersatu, angkat. Daun pisang dibentuk kerucut, isi dengan adonan singkong, lubangi tengahnya, isi dengan adonan kelapa, rapikan supaya isinya tertutup, lalu bungkus, kukus sampai matang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com