Kompas.com - 02/03/2013, 09:02 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Minahasa Tenggara sudah dikenal dan populer di antara orang-orang Eropa karena hasil bumi dan keindahan alamnya. Kabupaten yang masuk di Sulawesi Utara ini sering kali disebut sebagai salah satu tempat pariwisata bahari di Indonesia. Pasalnya, Minahasa Tenggara memiliki alam yang indah dan dikenal juga sebagai salah satu spot untuk menyelam di Sulawesi Utara selain Taman Nasional Bunaken.

Minahasa Tenggara yang secara geografis berada di tepi pantai, menguntungkan bagi wisatawan yang berlibur ke sana. Menikmati matahari terbit dan terbenam sambil memotret merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan.

Untuk menuju Minahasa Tenggara ini paling mudah adalah melalui Manado. Dari Manado kita melalui jalan darat dengan lama perjalanan 3 sampai 4 jam melalui jalur selatan Sulawesi. Sebaiknya selama perjalanan kita membawa obat anti mabuk karena perjalanan menuju ke Minahasa Tenggara jalannya sangat berkelok-kelok. Adapun detail transportasi menuju ke sana adalah sebagai berikut.

Transportasi

Untuk transportasi dari Manado ke Ratatotok biasanya dengan taksi mobil station wagon seperti Kijang atau Innova. Per orang Rp 35.000. Bisa juga dengan Bus Damri, Rp 20.000. Perjalanan ke Ratatotok ditempuh sekitar 3 jam. Kalau mau juga bisa naik ojek motor (Rp 100.000). Kalau mau carter mobil juga bisa. Mobil seperti Avanza sekitar Rp 250.000 per hari tanpa bensin dan tanpa sopir. Mobil bisa disewa di Manado.

Penginapan

Untuk penginapan bisa menginap di rumah penduduk dengan tarif sekitar Rp 200.000 – Rp 400.000 tergantung jenis rumah. Itu sudah termasuk sekali makan. Tapi laundry tidak termasuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada juga penginapan yang dikelola oleh Yayasan Ratatotok Buyat yang didirikan PTNMR. Tetapi untuk menginap harus mendapatkan rekomendasi dari PTNMR dulu karena masih merupakan wilayah perusahaan. Rate penginapan disini sekitar Rp 200.000 – 350.000 tergantung jenis kamar dan fasilitas (ada yang kipas angin atau AC). Itu sudah termasuk makan 3 kali sehari dan laundry. Biasanya yang menginap adalah tamu-tamu PTNMR dan para penyelam yang banyak datang sekitar bulan November hingga Mei saat cuaca di Teluk Buyat bersahabat.

Sesampai di Minahasa Tenggara ada beberapa obyek wisata yang harus dikunjungi, apa sajakah objek wisata tersebut.

Pantai Lakban

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.