Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu Ini, Megawati dan Jokowi Jadi Jurkam Effendi Simbolon

Kompas.com - 02/03/2013, 00:05 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan meramaikan tahapan kampanye Pilkada Sumatera Utara, Sabtu (2/3/2013). Megawati dan Jokowi akan menjadi juru kampanye bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, Effendi Simbolon-Jumiran Abdi, yang didukung PDI Perjuangan.

"Kami besok kampanye. Jokowi dan Ibu Mega akan ke Sumut besok," ujar Ketua DPP PDI Perjuangan Maruarar Sirait di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (1/3/2013). Maruarar menuturkan, partainya yakin duet Effendi-Jumiran akan memetik hasil yang memuaskan seperti yang terjadi dalam Pilkada DKI Jakarta. Optimisme itu, kata Maruarar, muncul setelah partainya melakukan sejumlah survei terhadap pasangan calon itu dan hasilnya terus meningkat.

"Dengan survei internal yang kami lakukan itu, kami berharap bisa memenangi Pilkada Sumut," kata Maruarar. Pilkada Sumut saat ini sudah memasuki tahapan kampanye. Tahapan kampanye sudah dilakukan sejak tanggal 18 Februari 2013 hingga 3 Maret 2013. Pemungutan suara akan dilakukan pada tanggal 7 Maret 2013.

Ada lima pasangan calon yang bertarung dalam Pilkada Sumut. Pertama, Gus Irawan Pasaribu-Soekirman (GusMan) yang didukung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Bintang Reformasi, dan Partai Bulan Bintang, serta 19 parpol lain.

Kedua, Effendi Muara Sakti Simbolon-Djumiran Abdi (ESDA) yang disokong oleh PDI Perjuangan, Partai Damai Sejahtera, dan Partai Peduli Rakyat Nasional. Ketiga, Chairuman Harahap-Fadly Nurzal, didukung oleh Partai Golkar, PPP, Partai Buruh, Partai Republika Nusantara, dan Partai Pemuda Indonesia (PPI).

Keempat, Amri Tambunan-Rustam Effendy (RE) Nainggolan, didukung oleh Partai Demokrat. Terakhir, Gatot Pujonugroho-Tengku Erry Nuradi (Ganteng), didukung oleh Partai Keadilan Sejahtera, Partai Hanura, Partai Patriot, dan Partai Kebangkitan Nahdlatul Ulama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com