Kompas.com - 02/03/2013, 00:05 WIB
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan meramaikan tahapan kampanye Pilkada Sumatera Utara, Sabtu (2/3/2013). Megawati dan Jokowi akan menjadi juru kampanye bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, Effendi Simbolon-Jumiran Abdi, yang didukung PDI Perjuangan.

"Kami besok kampanye. Jokowi dan Ibu Mega akan ke Sumut besok," ujar Ketua DPP PDI Perjuangan Maruarar Sirait di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (1/3/2013). Maruarar menuturkan, partainya yakin duet Effendi-Jumiran akan memetik hasil yang memuaskan seperti yang terjadi dalam Pilkada DKI Jakarta. Optimisme itu, kata Maruarar, muncul setelah partainya melakukan sejumlah survei terhadap pasangan calon itu dan hasilnya terus meningkat.

"Dengan survei internal yang kami lakukan itu, kami berharap bisa memenangi Pilkada Sumut," kata Maruarar. Pilkada Sumut saat ini sudah memasuki tahapan kampanye. Tahapan kampanye sudah dilakukan sejak tanggal 18 Februari 2013 hingga 3 Maret 2013. Pemungutan suara akan dilakukan pada tanggal 7 Maret 2013.

Ada lima pasangan calon yang bertarung dalam Pilkada Sumut. Pertama, Gus Irawan Pasaribu-Soekirman (GusMan) yang didukung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Bintang Reformasi, dan Partai Bulan Bintang, serta 19 parpol lain.

Kedua, Effendi Muara Sakti Simbolon-Djumiran Abdi (ESDA) yang disokong oleh PDI Perjuangan, Partai Damai Sejahtera, dan Partai Peduli Rakyat Nasional. Ketiga, Chairuman Harahap-Fadly Nurzal, didukung oleh Partai Golkar, PPP, Partai Buruh, Partai Republika Nusantara, dan Partai Pemuda Indonesia (PPI).

Keempat, Amri Tambunan-Rustam Effendy (RE) Nainggolan, didukung oleh Partai Demokrat. Terakhir, Gatot Pujonugroho-Tengku Erry Nuradi (Ganteng), didukung oleh Partai Keadilan Sejahtera, Partai Hanura, Partai Patriot, dan Partai Kebangkitan Nahdlatul Ulama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.