Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Jadi Umrah, Ratusan Warga Gorontalo Protes Biro Perjalanan

Kompas.com - 01/03/2013, 22:00 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 204 warga Provinsi Gorontalo menduduki kantor biro perjalanan haji dan umrah PT Khalifah Sulthan Tour di kompleks perkantoran Menara Era, Jalan Senen Raya, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2013). Warga yang didominasi ibu-ibu berusia lanjut ini merasa dibohongi karena sampai Jumat (1/3/2013) mereka belum juga diberangkatkan ke Tanah Suci untuk menjalankan umrah.

Salah seorang konsumen PT Khalifah Sulthan, Rum Mantali (63), mengaku, ia bersama dengan 203 orang lainnya merasa kecewa dan tertipu oleh perusahaan jasa perjalanan umrah itu. Beberapa kali perusahaan biro perjalanan itu berjanji akan memberangkatkan dia dan teman-temannya untuk umrah, tetapi janji itu tak juga dipenuhi. Padahal, mereka sudah membayar biaya Rp 22,8 juta.

Menurut Rum, pihak PT Khalifah Sulthan Tour beralasan tidak memberangkatkan konsumennya ke Tanah Suci karena kehabisan tiket pesawat tujuan Arab Saudi. Tiket hanya ada sampai ke Dubai.

"Mereka sudah mengulur-ulur waktu mulai dari tanggal 13, 16, 25, sampai 28 Februari 2013 untuk memberangkatkan ke Tanah Suci. Namun, sampai sekarang kami sebanyak 204 orang masih berada di Jakarta," katanya, Jumat (1/3/2013).

Akhirnya, Rum bersama ratusan warga Gorontalo lainnya membatalkan keberangkatan ke Tanah Suci dan lebih memilih pulang ke Gorontalo. Mereka juga meminta kepada PT Khalifah Sulthan Tour untuk mengembalikan uang yang telah disetorkan secara utuh.

"Kami meminta uang kami kembali, itu saja," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com