Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APBD DKI Cair, Jaksel Kebut Perbaiki Lubang Jalan

Kompas.com - 28/02/2013, 21:54 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan cairnya APBD DKI Jakarta 2013, pemerintah Kota Jakarta Selatan segera bergerak mewujudkan program layanan publik, salah satunya memperbaiki jalan rusak. Dari 220 lokasi jalan berlubang, 66 lokasi akan segera diperbaiki dalam waktu satu pekan.

Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Jalan Jakarta Selatan Yayat Hidayat mengatakan, perbaikan terhadap 66 lokasi jalan rusak itu sangat membahayakan dan merupakan tahap pertama yang menjadi prioritas perbaikan. Di lokasi itu, total panjang jalan yang akan diperbaiki mencapai 18 kilometer.

"Terutama kita akan kejar lubang berbahaya, di antaranya yang paling parah adalah Jalan Brigif Jagakarsa, Jalan Sadar Jagakarsa, Jalan Manggis Jagakarsa, dan Jalan Lebak Bulus I Cilandak," kata Yayat, Kamis (28/2/2013) di kantornya.

Yayat menjelaskan, dana yang dianggarkan dalam proyek ini tergolong besar, yaitu sekitar Rp 125,4 miliar. Dana itu mengalami kenaikan dibanding tahun 2012 yang sebelumnya mencapai Rp 92,5 miliar. Karena dana yang besar tersebut, Yayat memiliki target akan membereskan 66 jalan berlubang dalam waktu satu minggu dan selanjutnya membereskan kerusakan lain.

"Dalam satu minggu jalan-jalan harus bebas lubang, jadi tiada hari tanpa perbaikan jalan," ujar Yayat.

Yayat mengatakan, jalan yang kerap rusak berada di perbatasan Jakarta Selatan dan wilayah lain. Namun, hal tersebut tak dijadikan alasan untuk tidak memperbaiki jalan rusak.

APBD Provinsi DKI Jakarta tahun anggaran 2013 telah disahkan pada 28 Januari 2013 dengan jumlah anggaran sebesar Rp 49,9 triliun. Dana APBD itu cair pada Selasa (26/2/2013) dan telah diserahkan Daftar Penggunaan Anggaran dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kepada beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com