Kompas.com - 28/02/2013, 19:20 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Seiring dengan peningkatan kelas menengah di Indonesia, minat wisata bahari juga semakin membaik. Wisata bahari menjadi tren baru yang diminati wisatawan minat khusus. Untuk mendorong promosi wisata bahari, kegiatan sail wisata diperlukan. Tidak hanya itu, pembenahan infrastruktur juga menjadi tantangan serius.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dalam acara Musyawarah Nasional Asosiasi Sail Wisata Indonesia di Jakarta, Kamis (28/2/2013). "Kita ini negara bahari. Jadi, sudah saatnya wisata bahari menggeser wisata daratan," katanya.

Dia mengatakan, pemerintah fokus pengembangan wisata bahari di kawasan timur. Pertimbangannya karena selain memiliki potensi kekayaan laut, secara estetika kawasan bahari di timur Indonesia lebih menarik.

"Untuk mengenalkannya perlu kegiatan sail wisata. Contohnya Raja Ampat dan Wakatobi. Siapa yang dulu mengenal kedua kawasan itu. Lewat kegiatan sail, keduanya kini dikenal dunia internasional," katanya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.