Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Bahari Semakin Diminati

Kompas.com - 28/02/2013, 19:20 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Seiring dengan peningkatan kelas menengah di Indonesia, minat wisata bahari juga semakin membaik. Wisata bahari menjadi tren baru yang diminati wisatawan minat khusus. Untuk mendorong promosi wisata bahari, kegiatan sail wisata diperlukan. Tidak hanya itu, pembenahan infrastruktur juga menjadi tantangan serius.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dalam acara Musyawarah Nasional Asosiasi Sail Wisata Indonesia di Jakarta, Kamis (28/2/2013). "Kita ini negara bahari. Jadi, sudah saatnya wisata bahari menggeser wisata daratan," katanya.

Dia mengatakan, pemerintah fokus pengembangan wisata bahari di kawasan timur. Pertimbangannya karena selain memiliki potensi kekayaan laut, secara estetika kawasan bahari di timur Indonesia lebih menarik.

"Untuk mengenalkannya perlu kegiatan sail wisata. Contohnya Raja Ampat dan Wakatobi. Siapa yang dulu mengenal kedua kawasan itu. Lewat kegiatan sail, keduanya kini dikenal dunia internasional," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com