Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Rusty Sebabkan Cuaca Yogyakarta Cerah

Kompas.com - 28/02/2013, 16:32 WIB

YOGYAKATA, KOMPAS.com -- Badai tropis Rusty yang berada di utara Australia sejak Jumat (22/2/2013) mengakibatkan gangguan cuaca jangka pendek, sehingga cuaca Yogyakarta dan sekitarnya menjadi cerah meskipun masih berada di musim hujan.

"Munculnya badai Rusty mengakibatkan perubahan pola angin di atas wilayah Yogyakarta sehingga beberapa hari terakhir ini cuaca cenderung lebih cerah," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Tony Agus Wijaya di Yogyakarta, Kamis.

Badai tropis Rusty terjadi di perairan sebelah barat Australia bertekanan udara 985 mb dengan kecepatan maksimal di pusat badai mencapai 45 knots yang bergerak ke selatan.

Selain mengakibatkan cuaca menjadi lebih cerah, badai Rusty tersebut juga meningkatkan kecepatan angin di laut selatan Yogyakarta menjadi lebih dari 40 kilometer (km) per jam. Rata-rata kecepatan angin di laut selatan adalah 10-20 km per jam saat cuaca normal.

"Meningkatnya kecepatan angin tersebut juga mengakibatkan gelombang laut menjadi lebih tinggi, yaitu sekitar lima meter. Padahal, rata-rata tinggi gelombang adalah kurang dari dua meter," katanya.

Menurut dia, gangguan cuaca jangka pendek tersebut akan segera berakhir pada akhir pekan ini karena badai Rusty semakin menjauhi wilayah Indonesia.  

"Dalam beberapa hari ke depan, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan kembali turun di wilayah Yogyakarta," katanya.

Seiring dengan kembalinya kondisi cuaca menjadi normal, Tony juga mengingatkan masyarakat untuk mewasdapai munculnya angin kencang skala lokal.

Angin kencang lokal, lanjut dia, berpotensi muncul seusai cuaca cerah selama beberapa hari.

"Saat cuaca cerah, terjadi pembentukan awan cumulo nimbus (CB) yang berpotensi mengakibatkan hujan ekstrem dan angin kencang. Karenanya, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan," katanya.

BMKG memperkirakan, musim hujan di wilayah Yogyakarta baru akan berakhir pada April, dan sejak Maret intensitas hujan akan terus berkurang sedikit demi sedikit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com