Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taufik Kiemas: Ucapan Selamat Rieke Tunggu 3 Maret

Kompas.com - 27/02/2013, 19:47 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon gubernur Jawa Barat, Rieke Diah Pitaloka, masih belum mau mengucapkan selamat kepada pasangan calon Ahmad Heryawan-Dedy Mizwar yang unggul dalam hasil hitung cepat beberapa lembaga survei. Politisi senior PDI-Perjuangan, Taufik Kiemas, pun menilai sikap itu bukan masalah lantaran Rieke masih punya keyakinan.

"Kalau Rieke masih punya keyakinan, tunggu saja (ucapan selamatnya) di 3 Maret (2013)," ujar Taufik di Gedung Kompleks Parlemen, Rabu (27/2/2013). Ia menjelaskan bahwa sikap yang diambil Rieke ini berbeda dengan peristiwa yang terjadi dalam Pilkada DKI Jakarta.

Pada Pilkada DKI Jakarta, Fauzi Bowo langsung menelepon Jokowi untuk mengucapkan selamat tak lama setelah hasil hitung cepat menempatkan Jokowi di tempat teratas. Menurut Rieke, dia tak bisa melakukan hal serupa karena ada bentuk tanggung jawabnya atas dukungan banyak pihak yang memintanya untuk terus optimistis.

"Saya terus ke daerah. Saya lihat mereka masih semangat menghitung. Masa, dengan perjuangan seperti itu, saya harus bilang selamat," kata Rieke. Dalam hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Aher-Deddy unggul dengan perolehan suara 33,14 persen dari total 100 persen suara yang masuk, dengan margin of error plus minus satu persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hitung cepat LSI menempatkan Rieke-Teten di peringkat kedua dengan 27,92 persen suara. Menyusul, Dede Yusuf-Lex Laksamana berada di posisi ketiga dengan 25,23 persen, Yance-Tatang ada di urutan keempat dengan 11,81 persen, dan Dikdik-Toyib 1,89 persen.

Namun, hasil hitung cepat PDI Perjuangan menyatakan, keunggulan pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar tidak mencapai 30 persen. Data ini memungkinkan Pilkada Jawa Barat berlangsung dalam dua putaran.

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Jabar Satu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com