Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekapitulasi Suara Pilgub Jabar Selesai 3 Maret

Kompas.com - 26/02/2013, 08:18 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mengatakan perhitungan manual atau rekapitulasi akhir perolehan suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013 akan selesai pada tanggal 3 Maret 2013.

"Untuk penghitungan manual perolehan suara pasangan calon Pilgub Jabar 2013 memerlukan waktu sembilan hari sejak TPS ditutup pada Minggu 24 Februari 2013 yakni pukul 13.00 WIB," kata Sekertaris KPU Jawa Barat Heri Suherman di Bandung, Senin (25/2/2013).

Menurut dia, hingga Senin siang hasil dari hitung sementara perolehan suara Pilgub Jabar yang dilakukan oleh KPU Jawa Barat sudah mencapai 57 persen dari jumlah TPS senidiri sebanyak 74.948 yang tersebar di 26 kabupaten/kota di Jabar.

"Hasil sementara riil count KPU Jabar ini bisa di cek oleh seluruh masyarakat di situs resmi KPU Jabar," kata dia.

Heri Suherman mengakui bahwa data perhitungan suara sementara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat memang lambat karena dimasukkan secara manual.

"Karena hal ini terkait dengan masalah teknis di Petugas Penghitungan Suara (PPS) Kabupaten/Kota. Ada petugas yang memasukan hasil hitungan ke dalam kotak yang disegel, ada juga yang langsung mengirimkannya ke petugas kecamatan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com